Rajin Berbenah, Fasilitas di Stasiun Pasar Senen Jakarta Kini Makin Lengkap

Fasilitas di Stasiun Pasar Senen Jakarta Kini Makin Lengkap

Perkembangan moda kereta api di Indonesia semakin pesat. Selain armada kereta api, sejumlah pun terus dibenahi, salah satunya seperti (PSE). Stasiun yang terletak di alamat Jl. Stasiun Senen No. 14, Jakarta Pusat ini kini sudah banyak berubah menjadi lebih bersih dan fasilitas yang ada di dalamnya pun terus dilengkapi oleh (KAI).

Jika dulu di Stasiun Pasar Senen para pengunjung cukup sulit menemukan tempat makan yang menyajikan menu-menu makanan pengganjal perut, maka kini sudah ada beberapa gerai makanan di Stasiun Senen seperti Dunkin Donuts, Es Teler 77, hingga mini market seperti Circle K, Indomaret, dan Alfamart.

Stasiun melayani kereta api kelas bisnis dan AC dari dan ke kota-kota penting yang ada di Pulau Jawa, KA Gumarang (kelas campuran , bisnis, ekonomi AC) yang sebelumnya diberhentikan di Stasiun Jakarta Kota, serta commuter line atau kereta rel listrik (KRL). Menariknya, Stasiun Pasar Senen kini juga sudah mulai mengadopsi sistem check in mandiri layaknya bandara agar para penumpang dapat mencetak sendiri boarding pass khusus keberangkatan KA jarak jauh dan menengah.

Untuk urusan fasilitas, Stasiun Pasar Senen menyediakan berbagai fasilitas memadai seperti area parkir yang luas, musala, ruang khusus menyusui bagi ibu yang membawa serta anaknya dalam perjalanan, toilet yang bersih, tempat pengisian daya (charger) gadget dan smarpthone, ATM bank (Danamon, CIMB Niaga, BRI, BCA, BNI), hingga akses internet Wi-Fi. Mayoritas pengunjung Stasiun Pasar Senen saat ini mengaku takjub dan mengapresiasi perubahan Stasiun Senen yang menjadi lebih bersih dan nyaman.

“Sekitar dua atau tiga tahun lalu, saya melihat kondisi stasiun cukup parah. Main masuk aja, tanpa harus tunjukin KTP. Sekarang nggak bisa,” ujar salah satu penumpang bernama Febri, seperti dilansir Kompas.

Tak cukup sampai di situ, Stasiun Pasar Senen saat ini disebut-sebut sudah bebas dari . Ketika menginjakkan kaki di Stasiun Pasar Senen, penumpang tak akan lagi disambut , sebab sudah ada mesin tiket yang dapat digunakan untuk membeli tiket langsung di tempat tanpa harus antre panjang. Bahkan di bagian pemeriksaan tiket juga sudah ada atap yang sengaja dibangun untuk melindungi penumpang dari hujan atau panasnya matahari.

Kemudian ada pula jalur khusus yang disediakan untuk meminimalisir penumpang yang saling serobot saat hendak masuk ke dalam stasiun. Di setiap jalur tersebut disiagakan 2 petugas untuk memastikan keamanan di kawasan Stasiun Pasar Senen. Di setiap peron juga telah disediakan lebih banyak tempat duduk bagi penumpang yang sedang menunggu keberangkatan keretanya. Jika kebetulan sedang padat, penumpang pun tak lagi risih untuk duduk di lantai karena lantai Stasiun Pasar Senen kabarnya sering dibersihkan oleh petugas yang ada di sana.