Ratusan Warga Sekitar Stasiun Gundih Dapat Layanan Kesehatan Gratis

Suprapto, Manager Humas PT KAI Daop 4 - www.tigapilarnews.com
Suprapto, Manager Humas PT KAI Daop 4 - www.tigapilarnews.com

Grobogan – PT Indonesia (KAI) Daop 4 menyediakan kesehatan gratis untuk masyarakat Grobogan yang bermukim di dekat kawasan kereta api. Layanan kesehatan tersebut disediakan melalui unit Rail Clinic di Gundih Purwodadi, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, pada Kamis (30/8).

Daerah Operasi 4 Semarang mengoperasikan Rail Clinic generasi terbaru, yakni generasi IV yang sudah dilengkapi armada Rail Library atau kereta perpustakaan dan ruang pertemuan sosialisasi, serta sejumlah ruang pengobatan. Kereta Pustaka tersebut didukung dengan perpustakaan buku, majalah, video, dan e-book. Koleksi materi perpustakaan tersebut berisi 350 judul buku dengan jumlah 764 eksemplar, 63 judul e-book dan 65 koleksi video.

“Pelayanan kesehatan gratis di Stasiun Gundih dengan Rail Clinic ini merupakan rutin dari PT KAI sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat, terutama yang tinggal di sekitar kereta dalam hal kesehatan dan pendidikan. Semoga dengan layanan Rail Clinic yang dilengkapi Rail Library ini bisa membantu meningkatkan kesehatan dan kecerdasan masyarakat,” kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasional (Daops) IV Semarang, Suprapto, seperti dilansir Solopos.

PT KAI memberikan layanan berupa kacamata gratis, peralatan olahraga, penyuluhan kesehatan, peraturan keselamatan perjalanan KA, hingga souvenir. Setidaknya pada kegiatan di Stasiun Gundih kali ini sudah ada 647 warga Gundih yang mendapat pengobatan gratis. “Dalam kegiatan tersebut, masyarakat akan mendapatkan pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat pertama meliputi pemeriksaan umum, pemeriksaan gigi, kesehatan ibu dan anak, pemeriksaan kesehatan mata, pemeriksaan laboratorium, penyuluhan kesehatan serta pelayanan kefarmasian,” ungkap Suprapto.

Kegiatan serupa sebelumnya juga pernah diselenggarakan di Stasiun Weleri Kendal dan Stasiun Kedungjati Grobogan tahun 2016, serta Stasiun Mangkang Semarang dan Stasiun Randublatung Blora tahun 2017 lalu. “Untuk tahun ini, Rail Clinic akan digelar tiga kali. Selain Stasiun Gundih, ada dua stasiun lagi yang disambangi, yakni Stasiun Keradenan dan Stasiun Kaliwungu pada 7 November nanti,” beber Suprapto.

Lebih lanjut Suprapto mengatakan, layanan kesehatan gratis dengan Rail Clinic ini adalah program rutin PT KAI sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat, terutama yang tinggal di sekitar jalur KA dan jauh dari fasilitas pelayanan kesehatan. “Semoga dengan adanya layanan Rail Clinic dan dilengkapi Rail Library di Stasiun Gundih ini, dapat membantu meningkatkan kesehatan dan mencerdaskan masyarakat sekitar Stasiun Gundih,” pungkasnya.