Rayakan HUT RI ke-70, Tol dan KA diusulkan Gratis Sehari

Perhelatan ulangtahun kemerdekaan Indonesia ke-70 pada tahun ini bisa jadi akan sedikit berbeda. Nusyirwan Soejono, anggota DPR RI Komisi V dari PDIP memberikan usulan untuk membebaskan biaya dan api tepat pada tanggal 17 agustus 2015 mendatang sebagai bentuk terimakasih atas peningkatan capaian di bidang Indonesia. “Guna menyemarakkan HUT RI serta bentuk rasa syukur atas hasil yang dicapai selama ini di bidang , maka sebaiknya pada tanggal 17 Agustus 2015 membebaskan  atau menggratiskan pembayaran transportasi dan jalan tol selama satu hari saja,” ujarnya saat ditemui oleh awak media di , Kemarin (5/8).

Nusyirwan menyampaikan opininya bahwa merealisasikan ide tersebut bukanlah hal yang sulit untuk pemerintah. Jika mau, Presiden bisa saja memberikan kepada dan Menteri PU untuk melancarkan jalannya ide “” ini. “Menteri Perhubungan dan Menteri PU bisa merealisasikannya dengan mengeluarkan Keputusan Menteri bahkan menjadi sebuah kebijakan Pemerintah dengan meminta kepada Pak mengeluarkan Instruksi Presiden. Saya juga berharap semua operator kereta api dan jalan tol untuk menyambut (baik) usul ini. Untuk kepentingan bangsa dan rakyat, tidak bisa dinilai (dari segi) untung-rugi,” lanjut Nusyirwan.

Nusyirwan juga mengatakan bahwa kebijakan ini tidak akan mengganggu kinerja keuangan dari operator KA dan jalan tol. “Usul gratis sehari ini ibaratnya kado Pemerintah kepada masyarakat. Kebijakan Pemerintah ini tidak akan mengganggu kinerja keuangan operator kereta api dan jalan tol. Pengguna kereta api dan jalan tol pasti mengapresiasi Pemerintah bila usul ini dilaksanakan,” tukasnya.