Rel Banjir, KA Mutiara Timur Tertahan di Stasiun Rogojampi

– Senin, 25 November 2011 siang di , intesitas hujan sedang tinggi. Akibatnya rel tergenang . Karena rel , Mutiara Timur jurusan – Banyuwangi tertahan di Rogojampi, Kecamatan Rogojampi karena tidak dapat melintas.

Suprapto, Juru Bicara PT Daop IX Jember mengungkapkan bahwa rel banjir ini menutupi jalur sepanjang 300 m antara Stasiun Rogojampi dan Sasiun Karangasem. Ketinggian airnya mencapai 30,35 cm diatas rel. “Curah hujannya tinggi sekali,” katanya kepada Tempo.

Menurutnya KA Mutiara Timur tertahan di Stasiun Rogojampi sejak pukul 15.17 WIB. KA tidak dapat melanjutkan perjalanan ke dua stasiun terakhir karena rel banjir dan saat itu lokomotif yang digunakan adalah jenis CT 77 yang tergolong rendah sehingga dikhawatirkan akan terjadi mancet ditengah rel banjir.

Pihak juga tidak menyediakan angkutan bus untuk sampai ke dua stasiun terakhir. Pihaknya juga belum siap untuk mencari aramada bus yang siap disewa.

Untuk mengatasi rel banjir ini, pihak PT KAI mengirimkan dua lokomotif jenis Log JT-304-02 dan Log JT-304-23 untuk menarik gerbong KA mutiara Timur. Lokomotif ini lebih tinggi sehingga dapat melewati rel banjir. Seharunya KA mutiara sudah sejak siang sampai di Stasiun terakhir, Stasiun Banyuwangi. Namun pada pukul 15.36 KA mutiara Timur baru sampai di Stasiun terakhir.

Putri Akmal, salah seorang mengaku kecewa dengan PT KAI Daop IX yang tidak menyediakan bus untuk mengangkut . Dengan mengirimkan lokomotif, berarti harus menunggu lebih lama, karena jarak dari Jember menuju Banyuwangi membutuhkan waktu 3 jam.

“Ini namanya tidak tanggung jawab,” kata dia.

Tentang Mirza Pratiwi 347 Articles
Kontributor berita, berasal dari Madiun: pusat pengembangan industri kereta api di Indonesia. Saat ini sedang menyelesaikan studi Teknologi Informasi di Universitas Negeri Malang. Penulis yakin bahwa masalah transportasi di Indonesia akan lebih baik jika difokuskan pada pembangunan sistem transportasi masal.