Rel Ganda Bandara Soekarno Hatta Masih Alami Banyak Kendala

mengungkapkan bahwa pihak perlu melakukan konsultasi publik untuk daerah Tanah Tinggi sepanjang 300 – 400 meter. Konsultasi ini digunakan untuk pembangunan rel ganda  . “Masyarakat masih belum sepenuhnya ikhlas lahannya dipakai untuk pembangunan rel ganda Soekarno-Hatta,” kata Sukendar Mulya, Kepala Humas KAI Daop I Jabodetabek kepada Tempo.

Konsultasi publik untuk daerah Batu Ceper ke Tangerang telah hampir selesai. Untuk wilayah sepanjang 12 km tersebut telah rampung 80 persen.

Untuk pembangunan kereta rel ganda bandara Soekarno – Hatta ini masih banyak mengalami kendala. “Saya tidak mau cerita, tapi salah satunya soal izin di Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) serta Kementerian Perhubungan,” jelas Ignasius Jonan, Direktur Utama KAI.

Jonan mengungkapkan bahwa perizinan tersebut jika dapat diselesaikan kendalanya makan pembangunan rel ganda bandara ini dapat dimulai. Selain itu juga terdapat beberapa hal yang harus diperjelas sebelum proyek ini siap dimulai.

“Kira-kira elevated track (jalur layang) Jakarta jadi dibangun atau tidak?” tanyanya. Jika hal ini iya maka dia juga perlu melihat desaignnya sehingga tidak terjadi kendala nantinya ditengah-tengah proyek pembangunan.

Hanggoro Budi Wiryawan, Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan mengungkapkan bahwa proyek pembangunan perkeretaapian untuk akses menuju Bandara Soekarno –Hatta ini juga memasuki proses uji tuntas.

Tentang Mirza Pratiwi 347 Articles
Kontributor berita, berasal dari Madiun: pusat pengembangan industri kereta api di Indonesia. Saat ini sedang menyelesaikan studi Teknologi Informasi di Universitas Negeri Malang. Penulis yakin bahwa masalah transportasi di Indonesia akan lebih baik jika difokuskan pada pembangunan sistem transportasi masal.