Rel Ganda rute Kaliwungu – Weleri Telah Diresmikan

Kepala Satuan Kerja Pembangunan Jalur Ganda Kota Tegal, Pekalongan, dan Semarang PT KAI, Sutrisno saat peresmian rel ganda
Kepala Satuan Kerja Kota Tegal, Pekalongan, dan Semarang , Sutrisno saat peresmian rel ganda
sumber : kompas.com

KENDAL – Kamis, 21 November 2013 resmikan rel ganda rute Kaliwungu hingga Weleri Kendal, Jawa Tengah. Peresmian rel ganda ini digelar di Weleri.

” Panjangnya rel ganda Kaliwungu-Weleri ini mencapai 21 kilometer,” ujar Sutrisno,  Kepala Satuan Kerja Pembangunan Jalur Ganda Kota Tegal, Pekalongan, dan Semarang kepada kompas.com.

Pembagunan rel ini memakan waktu hingga 18 bulan.

Pembangungan fisik rel mulai Tegal hingga Semarang ini telah selesai higga 90%. Penyelesaian rel ganda ini, terhambat karena pembebasan lahan diwilayah  Semarang hingga Kaliwungu, Kendal.

Masalah utama pembebasan lahan ini di ruas sepanjang Banjir Kanal Barat Semarang. “Tapi, Maret 2014, kami targetkan, semuanya sudah selesai sehingga rel ganda dari Semarang hingga Tegal sudah bisa digunakan,” kata Sutrisno.

Sebelum peresmian ruas Kaliwungu hingga Weleri ini terlebih dahulu telah diresmikan ruas Batang hingga Ujung Negoro. Dana yang dibutuhkan untuk pembangun rel ganda Tegal hingga Semarang adalah Rp 2,1 triliun.

Selain menuntaskan pembangunan ini, pihak PT KAI tengah memperkuat koordinasi dengan Kabupaten Kendal terkait dengan perlintasan KA yang tak berpalang pintu diwilayah tersebut.

“Kami koordinasikan, apakah perlu membangun palang pintu atau justru jembatan layang,” kata dia.

Tentang Mirza Pratiwi 347 Articles
Kontributor berita, berasal dari Madiun: pusat pengembangan industri kereta api di Indonesia. Saat ini sedang menyelesaikan studi Teknologi Informasi di Universitas Negeri Malang. Penulis yakin bahwa masalah transportasi di Indonesia akan lebih baik jika difokuskan pada pembangunan sistem transportasi masal.