Rel KA di Stasiun Solo-Kota Direvitalisasi

M.IRSYAD MAHLAFI/RASO

– Kementerian Perhubungan () fokus memaksimalkan pelayanan menggunakan (KA). Termasuk di wilayah kota Solo. Itu ditunjukkan dengan melakukan rel KA di Stasiun Solo-Kota, kemarin.

Humas Jogjakarta Bambang S.P menjelaskan, Stasiun Solo-Kota menjadi salah satu target sarana prasarana oleh Kemenhub. Seperti mengganti bantalan dan rel KA yang dianggap tak layak. Termasuk melakukan pemagaran kawasan stasiun.

“Ada banyak wacana mengenai fungsi Stasiun Solo-Kota. Di antaranya memaksimalkan rute Purwosari–Wonogiri,” tuturnya. Selain itu, jalur tersebut juga dimanfaatkan untuk railbus.

Apakah akan dibuat ? Bambang mengatakan belum ada rencana ke arah tersebut. “Memang akan dilintasi untuk railbus. Tapi kita tidak membuat . Sebab jalur yang tersedia saat ini masih memadai,” jelasnya.

Kapan rampungnya revitalisasi? Bambang tidak mengetahuinya. Karena ditangani langsung oleh satuan kerja (satker) Kemenhub. “PT KAI hanya sebagai operator transportasi umum. Sedangkan untuk sarana dan prasarana ditangani langsung oleh Kementerian Perhubungan. Jadi rincinya kita tidak tahu,” ujarnya.

Lebih lanjut diterangkan Bambang, warga sekitar cukup mendukung upaya revitalisasi Stasiun Solo-Kota. Mereka berharap agar stasiun ini terlihat lebih cantik dan hidup.

“Tidak ada kendala. Bahkan malah didukung biar cepat bisa diaktifkan kembali,” terangnya. Apa dampak positif dari revitalisasi? Bambang menyebutkan, perjalanan KA menjadi lebih optimal. (can/wa/radarSolo)

Tentang Masinis 182 Articles
Memulai karir menulis sejak duduk di bangku SMP sebagai layouter dan redaktur, dan membawa proses kepenulisannya hingga di bangku kuliah. 10 tahun terakhir aktif sebagai tenaga desainer di sebuah perusahaan yang berpusat di Malang. Beberapa tahun terakhir menjadi penumpang setia kereta api pagi rute Malang-Surabaya yang berangkat dari Stasiun Kotabaru jam 04.20 setiap hari. Sejak itu, penulis tertarik dengan segala hal tentang kereta api dan sistem transportasi publik.