Banjir di Porong, Kereta Api Ke Surabaya Terhambat

– Jalur rel   di tergenang air. Hal ini terjadi akibat hujan yang terus menerus turun sejak semalam. Genangan air di rel ini bervariasi, di jalur sepanjang 500 m. ini tak hanya berdampak pada jalur , namun juga menyebabkan kemacetan panjang di jalan raya Porong.

Genangan air ini mengakibatkan kereta api dari dan menuju terlambat. Pagi tadi kereta Mutiara Timur jurusan Banyuwangi- tertunda sekitar 4 jam dari pukul 03.35 – 07.10 WIB di Porong. Kereta tersebut baru aktif kembali setelah terdapat lokomotif pengganti berjenis BB 30111 yang merupakan lokomotif tertinggi khusus banjir. Lokomotif ini digunakan menarik seluruh kereta api yang akan melalui kawasan Porong.

Banjir di jalan raya Porong (foto:Rudi)
Banjir di jalan raya Porong (foto:Rudi)

Setelah menarik kereta Mutiara Timur lokomotif ini juga menarik kereta-kereta lain menuju stasiun Tanggulangin ataupun menuju stasiun Porong.

Pihak dari PT KA mengatakan bahwa tidak ada pembatalan kereta tetapi kereta akan terlambat datang. Hal ini disebabkan karena untuk melewati jalur ini harus bergantian.  Setelah sempat dibuka, jalur ini sempat ditutup kembali. Hujan yang terus menerus mengguyur sejak pagi hingga siang tadi membuat ketinggian air terus naik. Akhirnya, jalur ini ditutup kembali.

Hingga info ini dimuat, kereta yang akan menuju Surabaya ataupun dari Surabaya masih terlambat datang karena jalur rel kereta Porong ini masih tergenang air.  Sedangkan untuk melewati jalur yang tergenang banjir dibutuhkan lokomotif yang tinggi dan tahan air. [MP/KAI]

 

Tentang Mirza Pratiwi 347 Articles
Kontributor berita, berasal dari Madiun: pusat pengembangan industri kereta api di Indonesia. Saat ini sedang menyelesaikan studi Teknologi Informasi di Universitas Negeri Malang. Penulis yakin bahwa masalah transportasi di Indonesia akan lebih baik jika difokuskan pada pembangunan sistem transportasi masal.