Rencana Merger Dua operator kereta api terbesar di Kanada

Kereta wisata di Kanada

Canadian Pacific Railway (CP), sebagai salah satu operator terbesar di mencoba mendekati pihak CSX (operator besar lainnya) untuk menawarkan rencana penggabungan, namun telah ditolak oleh CSX tentang merger yang bisa mempertemukan dua operator kereta api terbesar di dan dunia, menurut sebuah laporan yang diterbitkan Minggu sore (12/10) di situs The Wall Street Journal.

Jika kesepakatan telah dicapai, maka perusahaan akan memiliki nilai pasar gabungan senilai62 Milyar USD, meskipun hambatan tampak jelas di depan, menurut laporan Journal, yang dikutip dari sumber anonim yang tidak ingin disebutkan namanya.

Dewan AS yang mengawasi , memiliki intervensi antara penawaran dalam industri, menurut data Jurnal. Pada tahun 2000, pernah ada tawaran rencana merger dari Burlington Northern dan Kanada National Railway (saingan Kanada Pacific Railway yang lebih besar) namun ditolak karena ketidaksetujuan badan pengambil keputusan.

Pejabat keamanan nasional juga akan cenderung menimbang dalam pada merger yang menggabungkan AS dan perusahaan Kanada.

Pada hari Jumat lalu (10/10), saham Pacific Kanada turun 5% sehingga ditutup pada $ 189,37 . Saham CSX juga turun sekitar 2,6% dan berakhir pada $ 29,94.

Marty Cej, wakil presiden pemasaran dan komunikasi di Kanada Pasifik, mengatakan pada hari Minggu (12/10) bahwa pandangan perusahaan adalah “optimis tentang ” dan merupakan kebijakan perusahaan untuk tidak mengomentari “spekulasi dan rumor.”  Melanie, juru bicara CSX, juga mengatakan pada hari Minggu (12/10) “CSX memiliki kebijakan lama tidak mengomentari rumor tersebut.”

Tentang Masinis 182 Articles
Memulai karir menulis sejak duduk di bangku SMP sebagai layouter dan redaktur, dan membawa proses kepenulisannya hingga di bangku kuliah. 10 tahun terakhir aktif sebagai tenaga desainer di sebuah perusahaan yang berpusat di Malang. Beberapa tahun terakhir menjadi penumpang setia kereta api pagi rute Malang-Surabaya yang berangkat dari Stasiun Kotabaru jam 04.20 setiap hari. Sejak itu, penulis tertarik dengan segala hal tentang kereta api dan sistem transportasi publik.