Resmi Beroperasi, Ini Jadwal Keberangkatan KA Sribilah Premium Rute Medan-Rantauprapat

PT KAI Divisi Regional I Sumut meluncurkan kereta kelas eksekutif Sribilah - www.viva.co.id

(KAI) Divre I Sumatra Utara mengoperasikan Premium rute Medan-Rantau Prapat mulai hari Sabtu (24/3) kemarin. Kereta kelas premium ini sengaja dijalankan untuk memperbaiki layanan terhadap masyarakat.

“KA Sribilah premium yang dilengkapi fasilitas mewah tetapi dengan tarif relatif murah tersebut diharapkan bisa semakin menarik minat penumpang,” kata Vice President PT KAI Divre I , Rusi Haryono di Medan, Sabtu (24/3), seperti dilansir Antara.

“Setelah diresmikan hari ini, kereta diberangkatkan pukul 10.26 WIB dari Medan, diperkirakan sampai Rantauprapat pukul 16.37 WIB. Dari sana pukul 17.00 WIB, sampai di sini pukul 22.30 WIB,” jelas Rusi. Dari segi fasilitas, KA Sribilah Premium ditunjang dengan sederet fasilitas mewah seperti interior yang lebih modern, kursi lebih nyaman, serta setiap sudah ada 3 TV dan full AC.

“Penumpang bisa nonton di depan, tengah, dan belakang. Ada AC yang bisa disetel. Toiletnya juga bagus, dan ada kereta makan, juga ada kereta difabel. Fasilitas tidak berbeda jauh dengan yang ada di kereta api kelas sehingga bisa disebut Sribilah Premium merupakan kereta api rasa , tapi ekonomi,” ungkap Rusi. KA Sribilah Premium terdiri dari 9 gerbong yang meliputi 8 gerbong penumpang dan 1 kereta mesin pembangkit. Setiap gerbong mampu mengangkut 80 penumpang.

Adapun untuk harga tiket juga cukup terjangkau. KA Sribilah Premium menarik tiket seharga Rp 100 ribu per orang, lebih murah dari tiket KA Sribilah kelas bisnis yang mencapai Rp 135 ribu. “Selama ini rute Medan-Rantauprapat menjadi salah satu yang paling diminati masyarakat Sumut. Ini juga persiapan kami menghadapi Ramadan dan Idul Fitri,” ujar Rusi.

Pada kesempatan yang sama Kepala Bidang Perkeretapian dan Pengembangan Dinas Perhubungan Sumut, Agustinus Panjaitan menjelaskan bahwa dengan adanya KA Sribilah Premium ini diharapkan dapat membantu transportasi masyarakat di Sumatera Utara. “Pemprov Sumut berharap masyarakat bisa semakin banyak menggunakan sarana transportasi kereta api. Ini mengacu kondisi beban jalan raya yang semakin berat akibat terus bertambahnya jumlah kendaraan,” tutupnya.