Resmi Beroperasi, Ini Jadwal MRT Jakarta Lebak Bulus-Bundaran HI

Para penumpang mencoba menaiki MRT
Para penumpang mencoba menaiki MRT - kompas.com

Pada hari Minggu (24/3) kemarin, Mass Rapid Transit () Jakarta telah diresmikan oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo. Dengan peresmian tersebut, angkutan transportasi terbaru itu juga resmi beroperasi mulai Senin (25/3) ini. Untuk Lebak Bulus- , MRT Jakarta akan beroperasi mulai pukul 05.30 WIB sampai dengan 22.30 WIB.

“MRT Jakarta akan beroperasi dengan 8 rangkaian mulai pukul 05.30 WIB sampai dengan 22.30 WIB, selama bulan Maret dan April 2019, dengan waktu tunggu atau headway 10 menit,” ujar Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dilansir Kompas. “Setelah bulan April, MRT yang dioperasikan akan ditambah menjadi 16 rangkaian kereta, dengan waktu headway menjadi 5 menit.”

Meski sudah diresmikan, namun saat ini, MRT Jakarta masih dalam tahap uji coba sehingga yang menumpang belum dikenakan biaya, alias gratis. yang ingin mencoba harus daftar melalui web ayocobamrtj.com. Bagi masyarakat yang ingi mencoba untuk naik MRT, diimbau agar tetap menjaga ketertiban dan kebersihan di dalam stasiun dan kereta.

“Jadi, ada beberapa perilaku-perilaku yang tidak terpuji, misalnya makan dalam stasiun dam bergantungan di gantungan,” tutur Direktur Utama Jakarta, William Sabandar. “Kemudian, ada juga yang berdiri di depan pintu. Saya mengajak, Bapak Presiden juga sudah mengingatkan, mohon ini dijaga dan ini adalah milik kita. Ini pertama kali kita miliki, jadi tolong dijaga.”

Menurut rencana, MRT Jakarta akan ditetapkan pada hari ini, menunggu rapat DPRD DKI Jakarta dan Provinsi Jakarta. Dari beberapa bocoran yang beredar, tarif MRT Jakarta Lebak Bulus-Bundaran HI berada di atas Rp10.000 dan di bawah Rp16.000 per orang. Selain itu, akan ditetapkan pula tarif Jakarta dari Kelapa Gading ke Velodrome.

“Kami saat ini sudah sepakat dengan usulan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Senin Insya Allah harganya sudah ada,” kata Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi. “Penetapan tarif tersebut harus segera dilakukan lantaran pengoperasian MRT secara komersial akan dimulai pada 1 April 2019. Selain penetapan tarif MRT, nantinya juga akan ditetapkan tarif LRT Jakarta dari Kelapa Gading ke Velodrome.”