Resmi Beroperasi, Tiket KA Solo Ekspres Gratis Sampai 20 Mei 2018

Zulfikri, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan - ekonomi.inilah.com
Zulfikri, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan - ekonomi.inilah.com

Jakarta Solo Ekspres rute Solo Balapan-Kutoarjo telah resmi beroperasi hari Kamis (17/5) kemarin. Untuk sementara KA Solo Ekspres ini akan melayani lintas Solo-Yogyakarta-Kutoarjo yang sebelumnya dilayani oleh KA Prambanan Ekspres. Dengan adanya KA Solo Ekspres ini diharapkan dapat menjadi alternatif bagi masyarakat untuk bepergian.

“Selain KA Prameks yang telah sekian lama menjadi kereta andalan warga Solo, Yogyakarta, Kutoarjo, dan sekitarnya, kini PT KAI menghadirkan satu kereta api baru, yakni kereta api Solo Ekspres,” kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Zulfikri, seperti dilansir Tempo.

“Pengoperasian KA Adi Soemarmo untuk sementara waktu menjadi KA Solo Ekspres ini, adalah untuk memenuhi animo calon KA yang cukup tinggi pada lintas Solo-Yogyakarta-Kutoarjo,” sambung Zulfikri.

Satu rangkaian KA Solo Ekspres terdiri dari 4 kereta berkapasitas 393 penumpang. Rute KA Solo Ekspres dari Solo Balapan ke Kutoarjo PP melewati Purwosari, Klaten, Maguwo, Lempuyangan dan Wates. Operasional KA Solo Ekspres terbagi dalam 4 perjalanan, yakni dari Solo Balapan kereta ini berangkat setiap jam 08.40 WIB dan 15.40 WIB. Sedangkan dari Kutoarjo diberangkatkan setiap pukul 11.15 WIB dan 18.25 WIB.

Pada rute Stasiun Solo Balapan-Stasiun Kutoarjo PP diterapkan sebesar Rp 40.000, sedangkan rute Stasiun Solo Balapan-Stasiun Yogyakarta dan Stasiun Yogyakarta-Stasiun Kutoarjo berlaku harga Rp 30.000. Namun selama 4 hari, yaitu tanggal 17-20 Mei 2018 PT KAI menggratiskan KA Solo Ekspres untuk penumpang. Jika masa sudah berakhir, akan kembali normal.

“Selanjutnya, khusus untuk perjalanan kereta api ini, pada masa angkutan , yakni tanggal 5-26 Juni 2018, PT KAI akan mengenakan tarif Rp 60 ribu per penumpang untuk rute Kutoarjo-Solo Balapan (PP) dan Rp 45 ribu per penumpang untuk rute Stasiun Kutoarjo-Yogyakarta (PP) atau Stasiun Yogyakarta-Solo Balapan (PP),” jelas Zulfikri.

Menurut Zulfikri tarif yang ditetapkan ini sudah sebanding dengan fasilitas dan kenyamanan yang akan didapat oleh para penumpang. “Memang ada perbedaan tarif, karena KA Solo Ekspres ini dilengkapi dengan pendingin udara, layar TV LED untuk hiburan dan juga memberikan posisi kereta,” ujarnya.

KA Solo Ekspres menawarkan fasilitas memadai seperti bagasi khusus untuk menempatkan barang bawaan penumpang. Pada setiap kursi penumpang juga dilengkapi pengisi daya ponsel (charging port) serta tempat duduk khusus para penyandang disabilitas.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*