Resmi Dijual, KAI Surabaya Sediakan 8.172 Tiket KA Tambahan untuk Mudik

PT KAI DAOP 8 Surabaya menyediakan kereta tambahan untuk mudik lebaran 2018 - tempo.co

SURABAYA – Seperti diberitakan sebelumnya, PT Indonesia (PT ) membuka penjualan untuk mudik Lebaran mulai Senin (16/4) dini hari. Khusus untuk wilayah operasional Surabaya, ada 8.172 kereta tambahan yang disediakan, untuk keberangkatan mulai tanggal 8 Juni hingga 25 Juni 2018.

“Namun, ada juga kereta api yang beroperasi lebih awal, yakni KA Kertajaya Lebaran yang mulai dioperasikan tanggal 5 Juni 2018 hingga 26 Juni 2018,” jelas Manajer Humas PT KAI DAOP 8 Surabaya, Gatut Sutiyatmoko, seperti dikutip Surya. “Secara keseluruhan, ada enam kereta yang akan mulai beroperasi dengan tanggal bervariasi.”

Enam KA tambahan tersebut yaitu KA Gajayana Lebaran relasi Jakarta Gambir-Malang dengan kapasitas 900 tempat duduk, KA Sembrani Lebaran relasi Jakarta Gambir-Surabaya Pasar Turi dengan kapasitas 900 tempat duduk, KA Sancaka Lebaran relasi Yogyakarta-Surabaya Gubeng berkapasitas 1.420 seat, KA Pasundan Lebaran relasi Kiaracondong-Surabaya Gubeng berkapasitas 1.368 seat, KA Matarmaja Lebaran relasi Pasar Senen-Malang berkapasitas 1.792 seat, dan KA Kertajaya Lebaran relasi Pasar Senen-Surabaya Turi berkapasitas 1.792 tempat duduk.

“Masyakarat dapat melakukan tiket kereta tambahan melalui KAI Access, website kai.id, contact center 121, gerai, minimarket, jaringan PPOB, website serta gawai yang dikelola oleh mitra yang telah bekerja sama dengan PT KAI,” sambung Gatut. “Pada masa angkutan Lebaran 2018 ini, kami juga memperbesar kapasitas bandwidth dari 150 MB menjadi 400 MB untuk kelancaran akses tiket KA tambahan.”

Gatut tidak lupa meminta kepada masyarakat yang akan memesan , diusahakan agar koneksi internet stabil selama proses pencarian tiket. Ia menyarankan agar konsumen mencari alternatif tanggal atau kereta, karena tiket KA tambahan untuk mudik tahun ini dirilis secara bersamaan. “Misalnya, berangkat dari Bandung atau di kota lainnya. Karena itu, carilah alternatif tiket terusan,” tutup Gatut.