Revitalisasi Stasiun Wonokromo, Bongkar Bangunan Tambahan

Bangunan tambahan di sisi utara Stasiun Wonokromo yang dibongkar kemarin.

SURABAYA – Kesan kumuh di segera berubah. merevitalisasi stasiun tersebut dengan mengembalikan bentuk gedung lawas yang tercatat sebagai bangunan cagar budaya itu.

Puluhan petugas dari PT Daops 8 berkumpul di stasiun di Jalan Wonokromo itu kemarin (29/8). Mereka membawa palu besar untuk membongkar bangunan yang berdiri di sisi utara. Bangunan yang dibongkar adalah toilet umum dan toko. “Kami kerahkan petugas dari bagian ,” jelas Asisten Manajer Penertiban PT Daops 8 Sugiyanto Atmo Semito.

Selain di sisi utara, bangunan di sisi selatan akan dibongkar. Ada sekitar lima bangunan warung dan tiga toilet. Nanti semua bangunan dibongkar. Saat ini pihaknya masih berfokus untuk membersihkan bangunan sisi utara sampai ke tikungan menuju Jagir Wonokromo. “Total ada 34 bangunan yang akan dibersihkan terkait ini,” ucap Sugiyanto.

Senior Manager Aset PT KAI Daops 8 Djainuri menyatakan, revitalisasi itu bertujuan untuk mengembalikan bentuk asli stasiun yang merupakan bangunan cagar budaya. Dengan begitu, kesan kurang rapi akan hilang.

Selama ini stasiun tersebut kumuh karena banyak berdiri bangunan tambahan. Selain itu, masyarakat yang datang ke tempat itu kesulitan untuk mencari area karena lahannya sempit.

“Masyarakat akan mudah memarkir kendaraan mereka karena banyak bangunan yang dibongkar,” terangnya. Selain yang cukup luas, pihaknya akan membangun pagar. Pagar itu tidak terlalu tinggi sehingga bentuk stasiun akan tampak dari luar. (lum/c6/ai/jawapos)

Tentang Masinis 182 Articles
Memulai karir menulis sejak duduk di bangku SMP sebagai layouter dan redaktur, dan membawa proses kepenulisannya hingga di bangku kuliah. 10 tahun terakhir aktif sebagai tenaga desainer di sebuah perusahaan yang berpusat di Malang. Beberapa tahun terakhir menjadi penumpang setia kereta api pagi rute Malang-Surabaya yang berangkat dari Stasiun Kotabaru jam 04.20 setiap hari. Sejak itu, penulis tertarik dengan segala hal tentang kereta api dan sistem transportasi publik.