Rute KA Stasiun Medan-Bandara Kualanamu diperpanjang hingga ke Binjai

Kereta-api.info — Sebagai upaya meningkatkan pada masyarakat, PT Railink sebagai anak usaha dari dan PT Angkasa Pura II akan memperpanjang perjalanan dari Kualanamu, , hingga ke Binjai.

Dalam keterangan tertulisnya (17/7),  Direktur Utama Railink Heru Kuswanto menyatakan, perpanjangan rute kereta hingga ke Binjai turut memperpanjang rute kereta bandara dari yang semula hanya 28 kilometer dari Medan, menjadi 50 kilometer.

“Rute pelayanan KA Bandara nantinya menjadi Bandara Kualanamu-Stasiun Medan-Stasiun Binjai sepanjang kurang lebih 50 kilometer,” ujar Heru. 

Heru menambahkan, perpanjangan rute tersebut akan dimulai dengan pembangunan “elevated track” sepanjang 8 kilometer yang melintas dari Kota Medan untuk menghindarkan KA Bandara dengan perlintasan sebidang di Kota Medan.

“Nantinya selepas Stasiun Bandarkalipah, KA Bandara akan naik ke ‘elevated track’ dan berhenti di Stasiun Medan,” paparnya.

Elevated track sepanjang delapan kilometer nanti hanya diperuntukkan bagi KA Bandara Railink, sedangkan KA reguler melintas di ‘at grade’ ( bawah/eksisting),” sambungnya lagi.

Nantinya, lanjut Heru, KA Bandara hanya berhenti di tiga stasiun, yakni Stasiun Bandara Kualanamu, Stasiun Medan dan Stasiun Binjai.