Sambut Natal dan Tahun Baru, KAI DAOP VI Yogyakarta Siapkan 6 KA Tambahan

PT Indonesia (KAI) telah menyediakan enam kereta tambahan guna mengantisipasi lonjakan pada 2016 dan Tahun Baru 2017. Kereta tambahan yang akan beroperasi mulai tanggal 18 Desember 2016 hingga 8 Januari 2017 tersebut memiliki kapasitas 2.974 seat per hari.

“Kami menyediakan kereta tambahan guna mengantisipasi lonjakan penumpang pada libur Natal dan Tahun Baru yang diperkirakan naik 6 persen,” jelas Manajer Humas DAOP VI Yogyakarta, Eko Budiyanto. “Jumlah penumpang ini mengalami peningkatan dibandingkan tiga tahun lalu yang hanya mengoperasikan tiga kereta tambahan dengan kapasitas 1.312 seat per hari.”

Enam kereta tambahan tersebut adalah KA Argo Lawu rute Gambir-Solo Balapan PP, KA Argo Dwipangga relasi Gambir-Solo Balapan PP, KA Lodaya Pagi rute Bandung-Solo Balapan PP, KA Lodaya Malam jurusan Bandung-Solo Balapan PP, KA Sancaka Rute Yogyakarta-Surabaya Gubeng PP, dan KA Lempuyangan relasi Lempuyangan-Pasar Senen PP.

“Pada masa Natal dan Tahun Baru ini, kami mengoperasikan 328 KA reguler dan 28 KA tambahan dengan total 21.564 seat per hari atau meningkat 11 persen dari tahun lalu yang hanya 190.868 kursi,” sambung Eko. “Diperkirakan, ada kenaikan penumpang dari 4.318.717 orang pada tahun lalu menjadi 4.581.300 orang.”

Eko menambahkan, bagi para calon penumpang yang akan berlibur dengan kereta dari wilayah kerja PT KAI DAOP VI Yogyakarta, yang tersedia masih cukup banyak. Hingga saat ini, yang terjual sekitar 85 persen, sehingga masih ada sisa sekitar 15 persen dari total yang disediakan. “ yang paling banyak dipesan adalah tujuan Jakarta,” pungkas Eko.