Segmen Terakhir Jalur Ganda Surabaya-Jakarta Resmi Beroperasi

Pasar Turi-Kandangan akhirnya resmi beroperasi. Dalam uji coba kemarin (3/9), Gumarang tujuan Jakarta menjadi pertama yang melintasi jalur rel double-track sepanjang 8 kilometer itu. Jalur itu merupakan segmen terakhir pembangunan jalur utara KA . Dengan itu, jalur Surabaya-Jakarta sepanjang 727 km kini merupakan semua.

Menurut Dirjen Perkeretaapian Hermanto Dwiatmoko, selain jalur Pasar Turi-Kandangan, ada lima stasiun yang telah menyelesaikan jalur ganda. Yakni, Stasiun Kapas, Sumberejo, dan Baureno di Bojonegoro; Gembong di Lamongan; dan yang terakhir Stasiun Duduk Sampeyan di Gresik.

“Selesainya jalur ganda ini akan berimplikasi sangat banyak”, ujar Hermanto sebagaimana dikutip JawaPos. Hermanto memperkirakan, akan ada 200 KA yang melintas setiap hari. “Ini belum lagi ditambah kereta api yang makin tepat waktu dan potensi kecelakaan yang bisa ditekan hingga nyaris nol persen,” tambahnya. Waktu tempu Jakrta-Surabaya akan lebih cepat, dari 11-12 jam seperti selama ini bisa menjadi 9 jam saja.

Selain itu, Hermanto mengatakan bahwa pemerintan bisa menghemat hingga Rp 3,5 triliun. Dengan selesainya pembangunan kereta ganda, arus KA Surabaya-Jakarta lebih lancar. Sederhananya, satu jalur digunakan untuk berangkat dan jalur lain untuk pulang. (jpnn/YUD)

Tentang Masinis 182 Articles
Memulai karir menulis sejak duduk di bangku SMP sebagai layouter dan redaktur, dan membawa proses kepenulisannya hingga di bangku kuliah. 10 tahun terakhir aktif sebagai tenaga desainer di sebuah perusahaan yang berpusat di Malang. Beberapa tahun terakhir menjadi penumpang setia kereta api pagi rute Malang-Surabaya yang berangkat dari Stasiun Kotabaru jam 04.20 setiap hari. Sejak itu, penulis tertarik dengan segala hal tentang kereta api dan sistem transportasi publik.