Senin Besok, Menhub Resmikan Kereta Api Jenggala Sidoarjo-Mojokerto

SURABAYA – Menteri Perhuhungan , akan segera meresmikan (KA) Jenggala jurusan Sidoarjo – Mojokerto. Peresmian tersebut rencananya akan dilakukan besok, Senin (24/11/2014) bertempat di Stasiun Sidoarjo sebagaimana diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Jalan (LLAJ) Jatim Wahid Wahyudi.

“Peresmian dilakukan tepat pukul 08.00 WIB dan ditandai dengan pemberangkatan KA Jenggala menuju Mojokerto,” ujarnya kepada Surya, Minggu (23/11/2014).

Kereta api Jenggala merupakan kereta jenis perintis yang melayani dari Sidoarjo – Tarik – Tulangan – Mojokerto pulang pergi (PP). Fasilitas kereta api dilengkapi dengan AC, toilet, dan lampu penerangan.

Setiap hari akan ada dua train set kereta yang beroperasi yang  masing-masing terdiri dari empat gerbong dengan jumlah kursi sebanyak 270.  Dalam satu hari, KA Jenggala akan melakukan 12 kali atau enam kali PP Sidoarjo – Mojokerto atau sebaliknya.

kereta api ini cukup murah yaitu Rp4.000,-. Wahid menjelaskan, murahnya tersebut dikarenakan adanya subsidi dari pemerintah.

“Makanya meski bahan bakar minyak (BBM) baru saja baik, tiketnya tetap murah,” ujarnya.

KA Jenggala akan segera resmi dioperasionalkan setelah melalui uji coba dan telah dinyatakan memenuhi syarat teknis dan laik jalan. KA Jenggala juga akan menjadi kereta api keempat yang melayani perkotaan setelah Kereta Komuter Surabaya – Sidoarjo (Susi), Surabaya – Lamongan (Sulam), dan KRD AC Surabaya – Bojonegoro (Subo).