Setelah 17 tahun Dibangun, Swiss Buka Terowongan Kereta Terpanjang di Dunia

Kereta-api.info – Pekan depan, sebuah dan terdalam di yang berlokasi di akan diresmikan. Terowongan yang diberi nama Gotthard Base Tunnel (GBT) tersebut baru saja rampung dibangun setelah 17 tahun pengerjaan konstruksi dan menelan anggaran sebesar USD 12 Miliar. Sketsa tentang GBT sendiri sebenarnya telah dibuat sejak tahun 1947.

Dalam agenda, Kanselir Jerman Angela Merkel, Presiden Prancis Francois Hollande dan Perdana Menteri Italia Matteo Renzi, bersama sejumlah pejabat Swiss akan menghadiri pembukaan GBT. Uji coba terowongan akan dimulai pada Rabu (1/6) mendatang dan akan dibuka untuk umum pada 11 Desember 2016 nanti.

Dilansir The Malay Mail , Gotthard Base Tunnel memiliki panjang 57 km dengan kedalaman 2.300 meter di bawah Gotthard Massif, Pegunungan Alpen Swiss. Terowongan ini terdiri dari dua jaur tunggal yang menghubungkan wilayah Erstfeld (Uri) dengan Bodio (Ticino), melewati bawah wilayah Sedrun (Graubunden).

Beroperasinya terowongan ini akan memangkas jarak tempuh menjadi 60 menit lebih cepat. Dengan kecepatan kereta mencapai 250 km/jam, waktu tempuh dari satu ujung terowongan ke ujung yang lain hanya membutuhkan waktu 20 menit saja. Rute dari Milan ke Zurich dan dari Basel ke Lugano diperkirakan hanya akan memakan waktu sekitar 25 – 40 menit. Selain meringkas waktu perjalanan, rute rel Gotthard juga menawarkan pemandangan Pegunungan Alpen dengan hutan cemara yang indah.

Dalam perjalanannya, kereta yang lewat di rute ini akan melintasi 250 jembatan dan 7 terowongan lingkaran. Jembatan yang dilewati termasuk jembatan tertinggi di jaringan kereta api nasional Swiss, seperti Jembatan Chärstelenbach (127 m) dan Jembatan Intschireuss (121 m), serta sebuah terowongan double loop yang menawarkan pemandangan gereja Baroque dari Wassen.