Sinergi BUMN, Stasiun Maguwoharjo Sleman resmi jadi Stasiun Intermoda

Sleman – Hari ini (Rabu, 27/4), Rini Soemarno dijadwalkan meresmikan pengoperasian Intermoda Maguwoharjo, Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Maguwoharjo merupakan pusat intermoda terpadu gabungan beberapa BUMN, yakni PT Angkasa Pura I (AP I), PT (KAI), dan Perum Damri.

“Stasiun Intermoda Maguwoharjo ini sebagai spirit program pengembangan pariwisata Jogja, Solo, dan Semarang atau ‘Joglosemar’ Kementerian BUMN dalam sinergitas BUMN untuk mewujudkan kerja sama meningkatkan kunjungan wisatawa ke wilayah Yogyakarta, Solo, dan Semarang,” terang Hendy Helmi, Executive Vice President PT Kereta Api Daerah Operasi 6 Yogyakarta.

Dipilihnya Stasiun Maguwoharjo sebagai stasiun intermoda, menurut Helmi, dikarenakan stasiun ini terletak di kawasan Internasional Adisutjipto Yogyakarta, sehingga memungkinkan beberapa BUMN untuk bersinergi.

“Di sini terdapat kereta api yang dikelola , bandara yang di kelola PT Angkasa Pura,” ujanya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Rini juga akan sekalian meresmikan moda transportasi Kereta Api Joglosemar.

“Kereta api dengan cat bermotif batik pada badan gerbongnya ini merupakan salah satu pendukung dari lokomotif Indonesia dalam sinergi BUMN,” kata Helmi.

Kereta Api Joglosemar nantinya akan menghubungkan wilayah Kutoarjo, Yogyakarta, Klaten dan Solo. Kereta ini akan berhenti di beberapa stasiun kecil yang dilaluinya.