Sinyal VDU Tersambar Petir, Lalu Lintas KA di Karawang Terganggu

Kereta Api
From : http://megapolitan.kompas.com/

Perjalanan sejumlah di dari dan menuju mengalami keterlambatan pada Senin (14/11) ini. Pasalnya, visual display unit (VDU) di Karawang dan Klari mengalami kerusakan akibat tersambar petir ketika hujan lebat pada Minggu (13/11) kemarin. Hal ini menyebabkan sistem persinyalan menjadi terganggu dan perjalanan harus dilayani secara manual.

“Berdasarkan informasi yang kami terima dari Pusat Pengendali (KAI) DAOP I Jakarta, kerusakan VDU di Stasiun Karawang dan Stasiun Klari terjadi karena tersambar petir,” jelas Manajer Humas DAOP V , Ixfan Hendriwintoko. “Akibat kejadian itu, sistem persinyalan menjadi terganggu sehingga perjalanan KA dari dan menuju Jakarta mengalami keterlambatan karena dilayani secara manual.”

Hingga Senin pukul 08.00 WIB, upaya perbaikan terhadap VDU itu masih dilakukan sambil menunggu peralatan pengganti dari Bandung. “Imbas keterlambatan tersebut, kami atas nama PT KAI menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh ,” sambung Ixfan.

Ditambahkan Ixfan, sebagai kompensasi atas keterlambatan tersebut, pihaknya telah memberikan service recovery sesuai kelas KA berupa kudapan dan minuman kepada seluruh penumpang di atas kereta (dalam perjalanan) maupun yang masih menunggu di stasiun. “Jika keterlambatannya mencapai lebih dari lima jam, service recovery yang kami berikan berupa makanan berat (nasi),” sambungnya.

Terpisah, Humas KAI DAOP I Jakarta, Sapto Hartoyo, mengatakan bahwa untuk saat ini pihaknya memang masih melakukan perbaikan. Ia berharap masalah persinyalan tersebut dapat segera selesai diperbaiki. “Mudah-mudahan hari ini selesai, tetapi kami belum bisa memprediksi,” katanya.