SMS Digunakan India untuk Mudahkan Turis Beli Tiket KA

ilustrasi pesan tiket lewat SMS di India
ilustrasi pesan lewat SMS di India

India berencana akan menjaring turis baik turis lokal maupun mancanegara. Karena adanya rencan ini Perusahaan Pariwisata dan Makanan India mengenalkan layanan pesan singkat (SMS) untuk dan pembelian tiket kereta api. Rencana ini ditanggung jawabi oleh Perushaan Negara Kereta Api (KA) India dilansir dari PTI pada Selasa, 13 Agustus 2013.

Rencana untu layanan ini juga bekerjasama dengan ICICI Bank yang merupakan bank swasta terbesar di India.

“Kami memberikan untuk reservasi tiket lewat SMS,”ujar Rajiv Sabharwal, Direktur Eksekutif Bank ICICI.

Pelayanan pemesanan tiket KA dengan SMS ini digunakan untuk semua di seluruh India. Para dapat memsan tiket melalui SMS. SMS dapat dikrimkan ke no 139. Setelah selesai mengirimkan SMS untuk pemesanan, maka untuk bayar tiket akan dipotong dari akun di bank.

“Ini cara yang memudahkan ketimbang memesan melalui internet,” kata Sabharwal.

Perusahaan Negara KA India merupakan salah satu jaringan KA terbesar di dunia. India memiliki 115.000 km rel KA. Terdapat 65.000 dan 7.500 yang dikelola oleh perusahaan Negara KA India ini. Dalah sehari, KA di India melayani sekitar 25 juta orang.

Tentang Mirza Pratiwi 347 Articles
Kontributor berita, berasal dari Madiun: pusat pengembangan industri kereta api di Indonesia. Saat ini sedang menyelesaikan studi Teknologi Informasi di Universitas Negeri Malang. Penulis yakin bahwa masalah transportasi di Indonesia akan lebih baik jika difokuskan pada pembangunan sistem transportasi masal.