Songsong Lebaran, Jadwal KA Pangrango Sukabumi-Bogor Ditambah

Heru Salam, Kepala Stasiun KA Sukabumi - headlinejabar.com
Heru Salam, Kepala Stasiun KA Sukabumi - headlinejabar.com

SUKABUMI – Menghadapi musim 2019, PT Api Indonesia () akan menambah Pangrango rute Sukabumi-Bogor pada hari Selasa (14/5) ini. Penambahan KA Pangrango II untuk sementara waktu akan dijalankan selama satu bulan ke depan, sambil menunggu evaluasi lanjutan dari perusahaan.

“Untuk penambahan, dari Sukabumi ke Bogor adalah pukul 06.40 WIB, 12.10 WIB, dan 17.30 WIB. Sementara, dari Stasiun Bogor ke Sukabumi adalah pukul 09.30 WIB, 14.50 WIB, dan 20.35 WIB,” jelas Kepala Stasiun Sukabumi, Heru Salam, dilansir Radar Sukabumi. “Yang kemarin sempat batal, jadi penambahan perjalanan mulai 14 Mei.”

Heru menuturkan, adanya penambahan jadwal perjalanan pemberangkatan ini sangat disambut baik oleh masyarakat Sukabumi. Pasalnya, hingga saat ini, kereta api masih menjadi salah satu pilihan utama masyarakat Sukabumi jika dibandingkan dengan alat lainnya karena durasi waktu yang dibutuhkan relatif pendek.

“Kalau menuju Bogor dengan transportasi lain, bisa mencapai waktu 4 jam hingga 5 jam. Sementara, apabila menggunakan kereta api, waktu tempuhnya sekitar 2 jam 3 menit. Jadi, saat ini masyarakat banyak yang memilih untuk naik kereta api,” sambung Heru. “ kereta api tidak ada kenaikan. Kelas eksekutif tetap Rp80 ribu, sedangkan kelak tetap Rp35 ribu.”

Sebelumnya, rencana penambahan jadwal keberangkatan KA Pangrango memang sudah ditunggu banyak pihak, tidak terkecuali Pemerintah Kota Sukabumi. Dengan penambahan jadwal perjalanan tersebut, pemkot setempat berjanji akan membenahi sejumlah sarana dan prasaran, misalnya memperbaiki akses maupun keluar stasiun kereta api.

Pada bulan Januari kemarin, perjalanan KA Pangrango sempat terhambat karena longsor di wilayah Cijeruk, Kabupaten Bogor. Dalam masa perbaikan, kereta api memang masih melayani perjalanan penumpang, namun dengan rute yang terbatas. Kala itu, perjalanan KA Pangrango hanya melayani perjalanan hingga stasiun terdekat Maseng, yaitu Cigombong.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*