Stasiun Bandung Bakal Direvitalisasi Jadi Lebih Modern & Berstandar Internasional

Stasiun Bandung Bakal Direvitalisasi Jadi Lebih Modern & Berstandar Internasional

Bandung – Dalam kunjungan Duta Besar Perancis Jean-Charles Berthonnet ke Kota Bandung pada Jumat (20/10) lalu, Pemkot Bandung dan Duta Besar Perancis membahas rencana revitalisasi Bandung menjadi lebih modern. dan daerah di sekitarnya nantinya akan dirombak menjadi berstandar internasional dengan konsep Green Transit Oriented Development. Nilai pinjaman dari proyek revitalisasi tersebut mencapai Rp 1,3 triliun.

“Mereka akan memberikan bantuan Rp 1,3 triliun untuk merevitalisasi Kebon Kawung dan Stasiun Bandung lebih modern. Jadi stasiun kelas dunia,” ujar Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, seperti dilansir Detik.

Pria yang juga akrab disapa Kang Emil ini menjelaskan bahwa saat ini rancangan Stasiun Bandung dengan konsep lebih modern dan ramah lingkungan tersebut sudah rampung dan proses revitalisasi sedang dalam tahap pembahasan di Bappenas. “Nanti perizinan akan melalui . Saya diminta untuk desain juga,” ujar Emil.

Pihak Kota Bandung sendiri sangat antusias untuk mewujudkan proyek ini. Pemkot Bandung kabarnya akan memberikan bantuan dari sisi perizinan, apalagi karena sedang fokus meningkatkan konektivitas dan mobilisasi masyarakat dari dalam atau luar Kota Bandung. “Dengan begitu bisa terus tumbuh dan membawa kesejahteraan bagi warga kami,” kata Emil.

Dalam kunjungan tersebut Duta Besar Perancis membawa 6 pimpinan perusahaan dan 1 lembaga kebudayaan yang tertarik untuk berinvestasi di bidang , , dan infrastruktur. “Kami paham bahwa Bandung tengah serius dalam mengembangkan smart city dan , maka kami bawa perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi itu,” ucap Duta Besar Perancis Jean-Charles Berthonnet.

Salah satu proyek yang sedang dikerjakan oleh pemerintah Perancis di Bandung adalah pengembangan kawasan Stasiun Bandung yang berada di Jalan Kebon Kawung. Kajian teknis proyek ini masih disusun bersama dan tahap pembangunannya akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat.

Lebih lanjut Emil menuturkan jika Perancis memang sudah banyak berinvestasi di Bandung dalam berbagai lini bisnis. “Banyak perusahaan dari transportasi, teknologi, perusahaan pariwisatanya. Investasi Prancis di Kota Bandung juga sudah hampir tujuh hotel,” tandas Ridwan Kamil.