Stasiun Blitar Sediakan Loket Tambahan untuk Layani Pembelian Tiket Go Show

Stasiun Blitar - anggialfonso.com
Stasiun Blitar - anggialfonso.com

Blitar – Pada saat pengecekan persiapan angkutan Natal dan Tahun Baru di Kota Blitar, Rabu (20/12), PT Indonesia (KAI) menyaksikan langsung seperti apa antrean panjang pemesan yang ada di Stasiun Kota Blitar. Oleh sebab itu ingin Stasiun Blitar menambah tiket di stasiun tersebut untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat.

“Secara keseluruhan persiapannya sudah bagus, hanya saja masih terjadi antrean tiket di loket. Sepertinya jumlah loketnya masih kurang,” ungkap Dewan Komisaris PT KAI Chris Kuntadi, seperti dilansir Tribunnews.

Meski demikian, saat ini di Stasiun Blitar sudah menyediakan klinik untuk melayani pegawai PT KAI dan juga masyarakat umum. “Klinik juga sudah ada, hanya tinggal loket perlu ditambah,” jelas Chris.

Sementara itu, Kepala Stasiun Kota Blitar, Fadjar Wahyudi mengakui jika jumlah loket di Stasiun Blitar memang masih kurang. Pasalnya hanya ada 2 loket yang disediakan untuk melayani pemesanan lokal dan kereta api jarak jauh. Akan tetapi Fadjar berjanji akan mengoperasikan loket tiket KA tambahan mulai 23 Desember 2017 besok.

“Penambahan loket baru ini sesuai masukan PT KAI pusat. Sebelumnya  di Stasiun KA Blitar memang hanya ada dua loket pembelian tiket. Satu loket untuk jarak jauh, sementara satu loket untuk jalur lokal,” ungkap Fadjar.

Lebih lanjut Fadjar mengungkapkan bahwa loket tambahan ini rencananya akan dibuka untuk melayani tiket kereta go show, yakni penjualan tiket langsung untuk keberangkatan hari itu juga. Loket baru ini diharapkan bisa memberikan pelayanan maksimal untuk calon di Stasiun Blitar.

Sebelumnya petugas loket terpaksa membatasi nomor antrean pemesanan tiket. Dalam sehari, jumlah nomor antrean dibatasi menjadi 300 orang dan nomor antrean biasanya sudah habis sebelum jam 12.00 WIB. Padahal saat momen liburan biasanya jumlah pemesan tiket kereta api ke Stasiun Blitar bisa melebihi 300 orang.

“Dengan jumlah nomor antrean itu saja pelayanannya sudah sampai pukul 16.00 WIB, kalau hari biasa masih bisa kita tanggulangi karena jumlah calon penumpang yang beli langsung ke stasiun hanya sekitar 200 hingga 250 per hari. Namun jika musim libur seperti sekarang ada 300 lebih yang mengantre,” ujarnya.

Sementara itu, ketersediaan tiket kereta api lokal dan jarak jauh untuk keberangkatan mulai 23-24 Desember 2017 dan 1 Januari 2018 telah habis terjual. Sedangkan jumlah penumpang yang berangkat dari Stasiun Blitar dapat mencapai 2.000 orang per hari.