Selain Bogor dan Cilebut, Stasiun Cikarang Juga Hanya Layani Non-Tunai

Penumpang KRL Commuter Line di Stasiun Bogor - kompas.com

JAKARTA – Seperti diberitakan sebelumnya, PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) telah menetapkan dan Cilebut sebagai yang hanya melayani non-tunai atau khusus () bagi pengguna KRL. Nah, kabar paling baru menyebutkan bahwa Stasiun Cikarang juga menjadi lokasi khusus penggunaan dan berlaku mulai hari Senin (13/7) ini.

“Pada tahap awal ini, pemberlakuan stasiun KMT di stasiun tersebut akan diberlakukan pada setiap hari Senin,” papar VP Corporate Communication , Anne Purba, dilansir Okezone. “Namun, tidak menutup kemungkinan apabila berdasarkan hasil evaluasi berkala, nantinya ketiga stasiun tersebut sudah siap untuk menjadi stasiun khusus KMT, maka akan diberlakukan setiap hari.”

Dengan kebijakan ini, di Stasiun Bogor, Stasiun Cilebut, dan Stasiun Cikarang hanya dapat menerima transaksi dengan menggunakan KMT, kartu uang elektronik bank, maupun dengan kode QR melalui Link Aja. Meski demikian, para pengguna KRL yang bertransaksi dengan Harian Berjaminan (THB) dengan tujuan Stasiun Bogor, Cilebut, atau Cikarang, masih dapat keluar dari gate elektronik stasiun.

Saat ini, sudah tersedia empat unit vending machine KMT di Stasiun Bogor dan satu unit vending machine di Stasiun Cikarang. PT KCI nantinya berencana menambah tiga loket portabel di area parkir Stasiun Bogor guna melayani pengembalian uang jaminan THB, isi ulang KMT, serta pembelian perdana KMT.

PT KCI berharap para pengguna KRL yang masih menggunakan THB dapat menyesuaikan dengan kebijakan baru tersebut. Pasalnya, dengan memperbanyak transaksi non-tunai, menurut perusahaan, akan meminimalkan penyebaran COVID-19. “Ini akan mengurangi risiko terpapar COVID-19 dari uang yang sering berpindah tangan,” sambung Anne.

Dilansir dari situs remi PT KCI, sekarang setidaknya tersedia tiga tipe KMT perdana yang dapat dibeli oleh para pengguna . Tipe paling murah adalah KMT Reguler dan KMT X-PRESI dengan masing-masing Rp30.000. Sementara, untuk KMT Special Edition, harganya Rp50.000, sudah termasuk sebesar Rp15.000.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*