KAI: Stasiun Gambir Masih Melayani Kereta Jarak Jauh

Joni Martinus, VP Public Relations PT KAI - www.jurnas.com
Joni Martinus, VP Public Relations PT KAI - www.jurnas.com

JAKARTA – () menanggapi kabar yang menyebutkan bahwa akan beralih fungsi yang semula melayani jarak jauh menjadi kereta commuter line (). Menurut perseroan, sejauh ini, stasiun besar yang ada di Jakarta Pusat tersebut masih akan melayani perjalanan kereta api jarak jauh.

“Terkait rencana pengalihan fungsi Stasiun Gambir, tentu PT KAI mendukung kebijakan dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Kami masih terus berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan untuk hal tersebut,” papar VP Public Relations PT KAI, Joni Martinus, dilansir dari CNN Indonesia. “Sejauh ini, Stasiun Gambir masih melayani perjalanan kereta api jarak jauh.”

Hampir senada, juru bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati, mengatakan bahwa saat ini Stasiun Gambir masih seperti biasa, tidak pensiun. Ia juga menambahkan, saat ini Stasiun Gambir juga masih melayani KA jarak jauh. “(Sampai saat ini) masih melayani KA jarak jauh,” ujar Adita, seperti dikutip dari Kompas.com.

Ia menambahkan, pemerintah saat ini memang tengah menggodok rencana proyek Double-Double Track (DDT) Manggarai-Cikarang. Pada proyek DDT ini, Stasiun Manggarai bakal dikembangkan menjadi stasiun sentral yang akan melayani kereta jarak jauh, KRL, dan KA Bandara. “Saat ini masih dalam proses, khususnya dengan melakukan switch over. Tentu soal infrastruktur penunjang juga akan disiapkan seperti akses dan parkir,” lanjut dia.

Sebelumnya, sempat beredar kabar bahwa untuk kereta jarak jauh di Stasiun Gambir akan dialihkan ke Stasiun Manggarai. Sementara itu, untuk Stasiun Gambir akan dialihfungsikan untuk melayani KRL. Rumor ini muncul seiring dengan rencana pemerintah yang akan membuat Stasiun Manggarai menjadi stasiun sentral di Jakarta. Artinya, selain KRL Jabodetabek, stasiun itu akan melayani kereta jarak jauh.

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian bersama PT KAI menargetkan pembangunan Stasiun Manggarai selesai pada tahun 2025. Saat ini, progres pembangunan per Mei 2022 sudah mencapai 60,18 persen. Dikatakan Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten, Rode Paulu, target selesai pengoperasian Stasiun Manggarai sisi Timur Paket A Tahap II diperkirakan pada 2023.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*