Stasiun Gambir Bakal Layani Naik-Turun Penumpang KRL

Stasiun Gambir - pergimulu.com
Stasiun Gambir - pergimulu.com

Jakarta Jakarta ke depannya akan dialihfungsikan untuk naik-turun . Hal tersebut dilakukan seiring dengan diadakannya proyek pembangunan Stasiun .

Menurut Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jakarta dan Banten Rode Paulus, hal tersebut sesuai dengan master plan pembangunan Stasiun Manggarai untuk program Double Double Track (DDT). Dalam master plan tersebut, desain dan yang sedang dibangun memang dikhususkan jarak jauh berhenti sampai di Stasiun Manggarai. “Jadi nanti untuk yang Gambir akan difungsikan untuk naik-turun penumpang KRL,” imbuhnya.

Dengan dioperasikannya Stasiun Gambir untuk naik-turun KRL tentunya dapat memudahkan penumpang KRL menuju pusat kota dan bisa mengurangi beban penumpang yang turun di Stasiun Sudirman. Akan tetapi, Rode tak menjelaskan secara rinci mengenai kapan hal itu akan mulai dilaksanakan. “Harapannya untuk beban yang selama ini ada di Sudirman dan seterusnya nanti bisa berkurang dan semuanya bisa langsung ke pusat kota di Gambir,” ungka Rode.

Wacana pengalihfungsian Stasiun Gambir menjadi stasiun khusus KRL tersebut sebenarnya sudah ada sejak lama. Dalam pemberitaan sebelumnya, rencana tersebut akan berjalan usai KA () jarak jauh dari Stasiun Gambir dipindahkan ke Stasiun Manggarai pada akhir 2021. “Gambir berfungsi untuk pelayanan KRL juga KA khusus tapi di Stasiun Senen tetap ada pelayanan KA jarak jauh untuk yang ekonomi,” ujarnya.

Sebagai informasi, Stasiun Manggarai rencananya akan dibangun jadi stasiun sentral. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka akan dilakukan peralihan KRL mulai hari Sabtu, 28 Mei 2022 besok.

Perjalanan KRL lintas Bekasi atau dibagi menjadi dua skema operasi, yakni full racket (looping) dan half racket. Perubahan tersebut yakni KRL Commuterline dari Bekasi atau Cikarang tujuan akhir Stasiun Jakarta Kota ditiadakan mulai 28 Mei, sehingga penumpang harus transit di Stasiun Manggarai. Rute KRL dari Bekasi atau Cikarang diubah menjadi tujuan Stasiun Tanah Abang, Pasar Senen, dan Jatinegara.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*