Stasiun Indro Beroperasi Lagi, Angkut Penumpang Kereta Relasi Gresik-Sidoarjo

Stasiun Indro - id.wikipedia.org
Stasiun Indro - id.wikipedia.org

Gresik Indro di Kabupaten Gresik, Jawa Timur kembali pada Rabu (10/2) ini setelah non-aktif sejak tahun 2016 lalu karena tidak ada satupun yang berangkat maupun berhenti di stasiun tersebut. Untuk perdana, terdapat KA komuter kereta rel diesel (KRD) yang mengangkut penumpang dari Stasiun Indro sampai Stasiun Sidoarjo Kota pukul 12.40 WIB. Karena merupakan perjalanan jarak dekat, para calon penumpang tidak perlu membawa surat bebas Covid-19.

“Ini termasuk kereta lokal, tidak perlu dilengkapi dengan surat bebas COVID-19,” kata Kepala Stasiun Indro, Mawan Novianto di Gresik, Selasa (9/2), seperti dilansir Republika. Lebih lanjut Mawan menjelaskan bahwa pihak (KAI) telah melakukan berbagai perbaikan menjelang pengaktifan kembali kereta api tersebut dan setidaknya terdapat 3 jalur rel kereta di Stasiun Indro.

“Kami sudah melakukan renovasi di Stasiun Indro, mulai dari ruang tunggu, ruang loket untuk penumpang harus menggunakan protokol kesehatan ketat, mencuci tangan, menggunakan masker dan menjaga jarak dan usahakan pakai lengan panjang,” beber Mawan.

Jalur kereta api di Kabupaten Gresik pun kabarnya sudah lama tak beroperasi untuk mengangkut penumpang, yaitu sekitar puluhan tahun. “Terakhir memang pada tahun 2016 jalur ini pernah dioperasikan untuk mengangkut logistik hingga Stasiun Indro. Namun, hanya bertahan satu tahun saja,” papar Mawan.

Sementara itu, Manajer Humas Daop 8 Surabaya Luqman Arif menjelaskan jika reaktivasi rel KA di Gresik adalah bagian dari evaluasi sebelumnya yang kemudian tertuang dalam Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2021. “Pada Gapeka 2021, kami menambahkan lintasan baru, yaitu perjalanan KA Komuter yang menghubungkan Kota Sidoarjo dengan Kabupaten Gresik,” terang Luqman.

Adapun KA Komuter Sidoarjo-Gresik akan beroperasi dengan frekuensi sehari perjalanan atau 1 kali pergi pulang (PP). KA Komuter Sidoarjo-Indro (KA 678 – 679), dijadwalkan berangkat dari Stasiun Sidoarjo pada pukul 10.00 WIB dan tiba di Stasiun Indro jam 12.11 WIB. Kemudian, KA Komuter relasi Indro-Sidoarjo (KA 680 – 677), diberangkatkan dari Stasiun Indro pukul 12.40 WIB dan tiba di Stasiun Sidoarjo pukul 14.40 WIB.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*