Stasiun Kebasen Banyumas Hanya Melayani Persilangan

Stasiun Kebasen adalah salah satu kecil yang terletak di lintas Kroya-Purwokerto-Cirebon. Stasiun ini terletak di dekat bendung gerak (irigasi) Gambarsari di tepian Sungai Serayu dan dekat Kebasen. Stasiun Kebasen termasuk dalam wilayah Kec. Kebasen, .

Dahulu, stasiun yang terletak di ketinggian 14 m dpl ini mempunyai percabangan menuju Stasiun Purwokerto Timur dan Stasiun Maos. Sayangnya, jalurnya sudah dibongkar oleh tentara pada masa pendudukan .

Seperti halnya Stasiun Notog, Stasiun Kebasen juga tidak menaikturunkan penumpang. Stasiun ini hanya melayani persilangan kereta api.

Meski hanya melayani persilangan, stasiun ini merupakan bagian jalur utama yang menghubungkan jalur rel kereta api Pulau (dari Cirebon) dengan lintas selatan (dari Kroya). Saat ini, jalur yang ada di stasiun tersebut  tengah ditingkatkan dari jalur rel tunggal menjadi untuk mendukung semakin meningkatnya frekuensi lalulintas kereta api yang lewat. Stasiun ini berada di bawah pengendalian Daerah Operasi (Daop) V Purwokerto.

Stasiun Kebasen terletak di jalur kereta api yang menembus daerah pegunungan (di antara Pegunungan Pembarisan di sisi barat dan kaki Gunung Slamet di sisi timur) dengan jalur yang berliku-liku dan pemandangan yang menarik. Tanjakan yang cukup terjal membuat beberapa rangkaian panjang atau berat memerlukan traksi ganda (loko dobel) untuk memudahkan pergerakan.

Antara Stasiun Kebasen dan Notog, jalur rel akan menembus dua terowongan kereta api, yakni Terowongan Notog (260 m) dan Terowongan Kebasen (79 m), serta melintasi jembatan panjang yang menyeberangi Kali Serayu. Kedua terowongan lengkung itu dibangun pada tahun 1915 oleh perusahaan kereta api Hindia Belanda, Staatsspoorwegen (SS).

Khusus untuk Terowongan Kebasen, terowongan ini cukup unik karena selain hanya memiliki panjang 79 meter, terowongan ini berada di bawah lintasan jalan raya. Adapun jalan raya yang berada di atasnya menghubungkan Purwokerto-Kebasen-Sampang.

Beberapa kereta api yang melintasi stasiun ini adalah:

  • Progo tujuan Pasar Senen Jakarta
  • Kutajaya Utara tujuan Kutoarjo
  • Senja Utama Yogya ke Yogyakarta
  • Bogowonto ke Pasar Senen
  • Sawunggalih Utama
  • Argo Lawu
  • Taksaka
  • Puwojaya
  • Argo Dwipangga