Stasiun Kejaksan Cirebon mulai Berlakukan sistem Check In & Boarding Pass

Kereta-api.info Kejaksan Cirebon kini mendapat giliran untuk penerapan check in dan boarding pass baru. Dengan ini, proses pencetakan menjadi lebih mudah dan cepat, serupa dengan proses cetak mandiri (CTM).

“Dengan sistem baru tersebut, yang telah memiliki kode booking dapat melakukan check in melalui mesin Check in Mandiri (CiM) di stasiun,” sebut Eko S. Mulyantu, Manajer Humas Daop III Cirebon.

Eko menuturkan, cara check in adalah dengan mengetikkan kode booking yang tercantum pada bukti transaksi pembelian tiket di mesin check in mandiri (CIM). Mesin ini akan mengeluarkan boarding pass yang mencantumkan nama dan ID penumpang, kode booking, serta nama KA lengkap dengan dan tujuan .

“Boarding pass inilah yang kemudian harus dibawa penumpang saat pemeriksaan identitas di boarding gate stasiun,” sambungnya.

Proses check in menggunakan mesin CIM di stasiun keberangkatan rata- rata hanya membutuhkan waktu sekitar lima detik karena  menggunakan sistem thermal dalam pencetakan boarding pass.

Sementara untuk penumpang yang membeli tiket di tempat secara langsung (go show), diharuskan melakukan check in pada mesin CIM untuk mencetak boarding pass, setelah membeli tiket. Setelah berhasil mencetak boarding pass, penumpang dapat segera menuju ke boarding gate untuk pemeriksaan identitas. Petugas selanjutnya akan memverifikasi boarding pass dengan perangkat scanner serta memeriksa kartu identitas asli penumpang dengan data yang tertera dalam boarding pass.

“Penerapan sistem check in di stasiun keberangkatan diharapkan semakin meningkatkan ketertiban dan keamanan penumpang kereta api,” tandas Eko.