Pengamanan di Stasiun Kereta Api Bakal Diperketat Selama Libur Nataru

Wiwik Widayanti, Direktur Utama KCI - megapolitan.kompas.com
Wiwik Widayanti, Direktur Utama KCI - megapolitan.kompas.com

Menteng – PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mengumumkan bahwa seluruh stasiun kereta commuterline akan dijaga ketat oleh Marinir selama masa dan (Nataru) 2019/2020. Momen libur Nataru sendiri ditetapkan mulai tanggal 19 Desember 2019 sampai 5 Januari 2020.

“Untuk , yang pasti petugas ditambah, petugas keamanan kami juga dibantu teman-teman Marinir,” kata Direktur Utama KCI, Wiwik Widayanti di Stasiun Sudirman, Jakarta Pusat, Selasa (17/12), seperti dilansir Tribunnews.

Wiwik juga menambahkan jika pihaknya akan menyediakan sejumlah posko penjagaan mulai Kamis (19/12) sampai Minggu (5/1/2020). “Posko ini ada tanggal 19 Desember sampai tanggal 5 Januari,” bebernya.

Di samping itu, pihak KCI pun akan menambah petugas untuk melayani para kereta. “Jelang Nataru, kami seperti biasanya sudah menyiapkan petugas-petugas dari sisi pelayanan. Juga dari sisi pengamanan, kami pun sudah siap bersama dengan pihak . Tentunya dengan Marinir juga,” bebernya.

Wiwik sendiri memprediksi akan terjadi lonjakan selama momen libur Natal dan Tahun Baru. “Justru kalau (Nataru) kereta jarak jauh yang meningkat. Kalau di Jakarta memang hari-hari liburnya seperti tanggal 25 Desember dan 31 Desember 2019 dan tanggal 2 Januari 2020 itu yang naik sekitar 7%,” ungkap Wiwik.

Selain periode tersebut, volume penumpang justru lebih rendah dari biasanya. Pasalnya, banyak pengguna KRL Commuter Line yang berasal dari kalangan pekerja, sehingga volume penumpang pun turun. “Di pergantian tahun seperti tahun-tahun sebelumnya kami siapkan perpanjangan operasi kereta KRL sampai jam 2 dini hari,” jelasnya.

Menurutnya, volume paling tinggi sepanjang Natal dan Tahun Baru kali ini akan terjadi pada malam pergantian tahun, yakni mulai 31 Desember 2019. Perpanjangan operasi KRL Commuter Line sendiri sengaja dilakukan karena mobilitas masyarakat untuk merayakan malam pergantian tahun cukup tinggi.

Tahun lalu saja KCI mengoperasikan penambahan 23 KRL di malam pergantian tahun yang dijalankan mulai pukul 23.00 WIB sampai jam 02.00 WIB hari berikutnya. Kereta tambahan tersebut melayani ratusan ribu penumpang yang merayakan malam tahun baru.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*