Peminat KRL Tinggi, Stasiun Pondok Rajeg Bakal Direaktivasi

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau Stasiun Pondok Rajeg yang akan direaktivasi - www.infodepok.net

Pondok Rajeg di perbatasan Kota Depok dan Kabupaten Bogor akan segera direaktivasi. Hal ini telah dikonfirmasi langsung oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi ketika melakukan kunjungan kerja (kunker) pada Rabu (11/8) lalu. Bahkan meski berada di tengah pandemi, tersebut dipastikan akan tetap berjalan.

Budi menjelaskan, rencana jalur api yang sudah lama tidak digunakan ini penting untuk dilakukan lantaran minat masyarakat menggunakan moda () cukup tinggi. “Ini adalah satu aktualisasi dari perintah Bapak Presiden bahwa meski di tengah pandemi, semua kementerian/lembaga harus melaksanakan kegiatan sebagaimana mestinya. Oleh karenanya, saya memerintahkan kepada Dirjen Perkeretaapian dan Kepala BPTJ untuk melanjutkan reaktivasi stasiun, khususnya yang berada di kawasan aglomerasi,” kata Budi Karya, seperti dilansir Kompas.

Lebih lanjut Budi menuturkan, reaktivasi tersebut tak hanya dilakukan di wilayah aglomerasi seperti , namun juga di seluruh wilayah aglomerasi seperti Jogja, Solo, Semarang, Surabaya, dan wilayah lainnya. “ seperti reaktivasi seperti rel dan stasiun kereta api di kawasan aglomerasi menjadi penting dan harus konsisten dilakukan. Ini menunjukkan bahwa pemerintah concern untuk menomorsatukan angkutan massal. Apalagi kereta api merupakan angkutan massal yang eco-friendly atau ramah lingkungan,” papar Budi.

Minat masyarakat di kawasan aglomerasi untuk memakai KRL sangat tinggi. “Bayangkan satu hari KRL Jabodetabek bisa 1,2 juta orang. Kalau Stasiun Pondok Rajeg beroperasi kembali, angkutan ini akan semakin produktif dan diharapkan masyarakat bisa berpindah dari angkutan pribadi ke angkutan massal. Hal tersebut juga menjadi poin konsentrasi pemerintah dalam menomersatukan angkutan massal. Salah satunya adalah kereta listrik yang eco-friendly atau ramah lingkungan agar menjadi sesuatu yang konsisten,” bebernya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono mengatakan, sebelum diaktifkan kembali, Stasiun Pondok Rajeg akan dibangun terlebih dahulu, sehingga bisa digunakan pada tahun 2022 depan. “Untuk itu, kami berharap dengan adanya rencana reaktivasi jalur di Stasiun Pondok Rajeg, dapat memudahkan warga sekitar dalam menggunakan moda transportasi KRL. Semoga dapat bermanfaat bagi warga sekitar. Jadi tidak perlu lagi pergi ke stasiun yang terlalu jauh,” tandasnya.