Stasiun Klender Kebakaran, 17 Perjalanan Kereta Terhambat

Suprapto, Senior Manager Humas PT KAI DAOP I - www.tigapilarnews.com
Suprapto, Senior Manager Humas PT KAI DAOP I - www.tigapilarnews.com

Jakarta Kelender, Jakarta Timur mengalami kebakaran pada Jumat (19/5) sekitar pukul 07.15 WIB. Akibatnya sebanyak 17 tertahan, baik yang hendak keluar atau yang akan menuju Jakarta. Sejak pukul 07.15 WIB hingga 08.55 WIB dari arah hilir atau ke arah Jakarta ada 11 KA yang terhambat, antara lain 3 (KRL), 6 KA jarak jauh, 1 KA lokal, dan 1 KA parsel.

Sedangkan dari arah hulu atau ke luar Jakarta yang tertahan sejumlah 6 KA yang terdiri dari 3 KRL, 2 KA jarak jauh, dan 1 KA lokal. “Sampai saat ini semuanya sudah terurai,” jelas Suprapto, Senior Manajer Humas Daop 1 Jakarta, di Jakarta, Jumat (19/5).

Kebakaran api mulai tampak di gudang Stasiun Klender sejak pukul 07.15 WIB. Para berusaha untuk memadamkan kobaran api, namun api kian membesar dan merambat ke bangunan stasiun. “Selanjutnya para kebakaran datang ke dan api bisa dipadamkan pada pukul 08.05 WIB,” paparnya.

Sejumlah perjalanan pun terpantau tertahan di sejumlah stasiun seperti Stasiun Jatinegara, Stasiun Cakung, dan Stasiun Bekasi. Kebakaran itu sendiri mengakibatkan seluruh bangunan Stasiun Klender terbakar, begitu pula dengan ruang pengatur perjalanan KA dan loket.

Suprapto menjelaskan bahwa pukul 08.55 WIB mekanisme pengaturan perjalanan dilakukan manual di Stasiun Klender serta KA jarak lokal/menengah/jauh dan KRL sudah dapat melintas tetapi belum bisa digunakan untuk naik turun . Sementara itu pengaturan sinyal dilakukan secara manual di Stasiun Jatinegara dan Cakung.

“Kami dari pihak PT KAI dan PT KCJ mohon maaf yang sebesar-besarnya atas peristiwa ini yang menyebabkan terganggunya pelayanan kepada penumpang pada hari ini,” tutur Suprapto.

Menurut PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ), Stasiun Klender belum bisa beroperasi hingga hari ini, Sabtu (20/5). Oleh sebab itu para pengguna commuter line diimbau untuk memakai stasiun terdekat atau menggunakan moda lain.

“Saat ini KRL sejumlah perjalanan masih tertahan dan belum dapat diberangkatkan, petugas pemadaman sudah di lokasi untuk pemadaman dan tidak ada korban luka maupun jiwa,” kata Eva Chairunisa, Vice President Komunikasi Perusahaan PT KCJ. Bagi pengguna KRL yang telah membeli tapi belum sempat memakainya bisa mengembalikan sampai hari Senin (22/5).