Khusus Calon Penumpang, Ini Stasiun Layani Vaksinasi Covid-19

Joni Martinus, VP Public Relations KAI - medan.tribunnews.com
Joni Martinus, VP Public Relations KAI - medan.tribunnews.com

JAKARTA – Sebagai upaya untuk mempercepat vaksinasi Covid-19 di Indonesia, Kementerian Perhubungan membuka sentra vaksinasi di sejumlah dan bandara di Tanah Air. Khusus untuk vaksinasi di stasiun, saat ini setidaknya sudah ada delapan stasiun yang melayani, yakni Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Cirebon, Stasiun Semarang Tawang, Stasiun Yogyakarta, Stasiun Solo Balapan, dan Stasiun Jember.

“Vaksinasi di stasiun saat ini hanya bisa dilakukan oleh mereka yang akan melakukan jarak jauh dengan memiliki kereta,” papar VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia (KAI), Joni Martinus, dikutip dari Kompas. “Secara bertahap, PT KAI akan menambah jumlah stasiun yang melayani vaksinasi tersebut.”

Untuk mereka yang berniat melakukan vaksinasi di stasiun, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi. Calon peserta harus berusia 18 tahun ke atas, menunjukkan kode booking tiket yang sudah dibayar atau tiket KA jarak jauh yang berlaku, memiliki KTP, datang paling lambat H-1 sebelum keberangkatan, khusus ibu hamil bisa mendapatkan vaksin di stasiun setelah mendapatkan penjelasan dari petugas dan bersedia atas pilihannya untuk divaksin Covid-19.

“Rencanakan dengan baik antara waktu vaksinasi dan jadwal keberangkatan Anda untuk menghindari keterlambatan naik kereta api. Kuota yang disediakan di masing-masing stasiun setiap harinya pun terbatas,” lanjut Joni. “Vaksinasi di stasiun ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang tetap bepergian di masa PPKM darurat sesuai ketentuan yang telah ditetapkan oleh .”

Sebelumnya, Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati, menuturkan bahwa pihaknya memang akan membuka sentra vaksinasi Covid-19 di beberapa bandara dan stasiun. Beberapa bandara yang telah siap melakukan vaksinasi Covid-19 gratis adalah Bandara Soekarno-Hatta Jakarta Terminal 2 dan 3, Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, dan Bandara Sultan Syarif Kasim Pekanbaru. “Vaksinasi Covid-19 ini khusus untuk dan harus menunjukkan tiket,” kata Adita.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*