Diuji Coba, Stasiun Matraman Targetkan Layani 10 Ribu Penumpang per Hari

Stasiun Matraman - tribunnews.com

JAKARTA – PT KAI Commuter mulai melakukan operasional Stasiun Matraman untuk melayani . Jika lulus tahap uji coba yang direncanakan berlangsung selama seminggu, stasiun tersebut ditargetkan dapat melayani 10 ribu penumpang per hari karena juga akan terintegrasi dengan halte bus TransJakarta yang mengakomodasi tiga koridor, yakni Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, dan Pasar Senen.

Sejak Jumat (17/6) kemarin hingga Minggu (19/6), sebanyak 2.514 penumpang naik dan turun melalui Stasiun Shelter Matraman. Dijelaskan Vice President Corporate Secretary PT KAI Commuter, Anne Purba, dua hari setelah uji coba operasional, tercatat volume pengguna yang naik KRL sebanyak 1.134 orang. “Sementara itu, total volume penumpang yang turun di Stasiun Matraman sebanyak 1.380 orang,” katanya, dilansir dari Sindonews.

“Stasiun Matraman ini dapat menjadi alternatif bagi pengguna selain Stasiun Manggarai dan . Diharapkan juga dapat meningkatkan aksesibilitas dan mobilitas ,” sambung Anne. “Kami berharap, Stasiun Matraman mampu meningkatkan , khususnya pengguna KRL agar semakin nyaman dan mudah dalam penggunaan moda KRL commuter line.”

Sementara itu, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, dalam acara soft launching Stasiun Matraman menargetkan stasiun ini dapat menarik kunjungan hingga 10 ribu penumpang per hari. Pada masa percobaan beberapa waktu lalu, Stasiun Matraman telah melayani naik-turun penumpang sebanyak 1.200 penumpang per hari. “Stasiun ini akan diminati penumpang karena bakal terintegrasi dengan halte bus TransJakarta yang mengakomodasi di tiga koridor,” papar Budi, dikutip dari Tempo.

“Pembangunan Stasiun Matraman merupakan bagian dari upaya peningkatan layanan massal KRL Jabodetabek. Stasiun tersebut berada di posisi yang strategis, yakni di antara Stasiun Jatinegara dan Stasiun Manggarai,” tambah Budi. “Saya berharap Stasiun Matraman dapat mereduksi kepadatan volume penumpang KRL dan menunjang kelancaran mobilitas masyarakat yang akan naik turun KRL di daerah Matraman, Kampung Melayu, Jatinegara, dan Manggarai.”

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*