Profil Stasiun Petarukan, Pemalang

Petarukan adalah sebuah kecil yang berada di Kecamatan Petarukan, Pemalang, Provinsi Jawa Tengah. Stasiun ini termasuk dalam Daerah Operasi IV Semarang yang berada dalam manajemen .

Stasiun Petarukan yang disingkat PTA ini memiliki ketinggian +10m di atas permukaan laut. Secara klasifikasi, stasiun ini masuk dalam stasiun kelas tiga.

Stasiun Petarukan memiliki tiga jalur .

Jalur pertama merupakan percabangan dari jalur kedua, yang biasanya diisi oleh kereta api dari arah . Jalur ini juga bisa diisi kereta api dari arah karena ada wesel yang berasal daro spoor lurus.

Jalur kedua merupakan jalur lurus dari arah Pekalongan, dan jalur belok dari arah Tegal.

Jalur ketiga merupakan jalur lurus dari arah Tegal dan di ujung jalur ini akan membelok dan bersatu dengan jalur kedua.

baru beroperasi di Stasiun Petarukan sejak 30 Oktober 2008. Sejak saat itu, rute-rute yang dilayani oleh Stasiun Petarukan semakin ramai seiring terbukanya jalur dua arah yang melintas di Stasiun Petarukan.

Sejauh ini Stasiun Petarukan baru difungsikan sebagai keberangkatan kereta api dengan jurusan Jakarta Pasar Senen, Semarang Poncol, Purwokerto, dan Tegal.

Kereta api yang berangkat dari Stasiun Petarukan antara lain adalah Kaligung Mas, Menoreh, Tawang Jaya, Gumarang, Kamandaka, dan Pemalang Express.