Stasiun Probolinggo Mulai Dipadati Pemudik yang Hendak ke Yogyakarta

Stasiun Probolinggo - news.detik.com
Stasiun Probolinggo - news.detik.com

Probolinggo pemudik yang naik pada H-7 di Probolinggo terpantau mulai mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Pada hari-hari biasa, jumlah kereta di Stasiun Probolinggo sekitar 100-150 orang, tetapi bertepatan dengan mudik Hari Raya Idul Fitri jumlah naik hingga 200-250 orang.

“Penumpang kelas ekonomi mendominasi. Lonjakan penumpang sudah terjadi sejak Rabu (29/5) sore. Kebanyakan tujuan Yogyakarta dan Purwokerto,” kata Staf Daop 9 Jember Doni Maulana di Stasiun Probolinggo, seperti dilansir Detik.

Lonjakan penumpang ini juga diprediksi akan terus meningkat sampai H-3 Lebaran. “Untuk stasiun Probolinggo, jumlah penumpang yang berangkat lebih banyak dari pada penumpang yang turun,” papar Doni. Sedangkan untuk penumpang-penumpang mancanegara yang biasanya ingin naik kereta tujuan Banyuwangi dan Bali pun kabarnya sudah mulai kesulitan untuk memperoleh dari beberapa hari terakhir. “Kalaupun ada, untuk kelas bisnis dan eksekutif yang tersisa. Kalau kelas ekonomi kami pastikan sulit mereka dapatkan,” sambung Doni.

Pengatur petugas KA Stasiun Probolinggo, Sholikhul Yaqin juga mengungkapkan hal yang tak jauh berbeda. Sholikhul menjelaskan jika banyak penumpang yang lebih memiliki jadwal keberangkatan kereta pada pagi hari yakni pukul 07.30 WIB dan jam 11.00 WIB. “Keberangkatan arah Banyuwangi, Jogja, dan Purwokerto,” paparnya.

Tiket kereta jurusan dari Probolinggo menuju Stasiun Lempuyangan, Yogyakarta atau Purwokerto dengan KA Sritanjung sendiri pastikan telah habis terjual. Tiket kereta kelas ekonomi baru tersedia lagi mulai tanggal 17 Juni 2019 yang akan datang atau sekitar 2 minggu setelah Lebaran 2019. “Sementara untuk jurusan yang sama, tiket kelas eksekutif dan premium, masih tersedia,” tutur Kepala Stasiun Probolinggo, Andika Bagus Permadi.

Tiket kereta ekonomi seperti KA Mutiara Timur yang melayani perjalanan Probolinggo-Banyuwangi juga dilaporkan ludes terjual. Tiket untuk KA Mutiara Timur baru tersedia mulai 9 Juni 2019 depan. Sedangkan untuk jurusan yang sama menggunakan kereta kelas eksekutif dan premium ternyata tiketnya masih tersedia. PT KAI sendiri menyiapkan 1 gerbong tambahan di kelas eksekutif dan premium tujuan Stasiun Lempuyangan dan sebaliknya pada tanggal 7-9 Juni 2019.