Stasiun Prupuk Dibuka Lagi Setelah 5 Tahun Berhenti Beroperasi

Stasiun Prupuk, Tegal yang telah beroperasi kembali - www.gatra.com

– PT Indonesia (KAI) kembali mengaktifkan Stasiun Prupuk di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah setelah berhenti selama 5 tahun lamanya. yang melewati Stasiun Prupuk termasuk jalur penting di Jawa karena dalam 24 jam setidaknya ada 86 KA yang melintasi jalur tersebut.

Namun 5 tahun lalu PT KAI terpaksa menutup operasional Stasiun Prupuk atas sejumlah pertimbangan, utamanya gangguan keamanan dan ketertiban dalam stasiun. Seperti diketahui, dulu di Stasiun Prupuk banyak pedagang yang berjualan di area stasiun bahkan hingga masuk dalam gerbong. Oleh sebab itu semua kereta yang lewat Stasiun Prupuk tak ada yang berhenti. “Itu mengganggu KA. Makanya Stasiun Prupuk dihentikan operasinya,” ujar Juru Bicara PT KAI Daop 5 Purwokerto, Supriyanto, Jumat (19/10), seperti dilansir Liputan6.

Akan tetapi PT KAI tidak pernah berhenti melakukan perbaikan dan melengkapi di Stasiun Prupuk. Di samping itu, PT KAI juga kembali membuka Stasiun Prupuk untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Tegal dan sekitarnya yang menghendaki adanya stasiun aktif di kawasan mereka.

Lebih lanjut Supriyanto menegaskan bahwa saat ini kondisi lingkungan di Stasiun Prupuk telah cukup tertata dan aman untuk dijadikan tempat pemberhentian kereta api dan melayani penumpang. Sementara ini Stasiun Prupuk akan disinggahi oleh 14 kereta penumpang. “Saat ini setelah kondisi cukup aman, untuk penumpang, mulai tanggal 18 Oktober kemarin, beberapa KA kita coba untuk berhenti di Stasiun Prupuk untuk naik turun penumpang. Kurang lebih ada 14 kereta,” ucap Supriyanto.

Adapun 14 kereta yang berhenti di Stasiun Prupuk antara lain KA Jayakarta Premium, KA Kamandaka (223), tujuan Semarang Tawann, KA Kamandaka tujuan Purwokerto, KA Kutojaya Utara, tujuan Kutoarjo, KA Sawunggalih tujuan Pasarsenen, KA Kamadaka, tujuan Semarang Tawang, KA Sawunggalih tujuan Kutoarjo, KA Kamandaka tujuan Purwokerto.

Kemudian ada pula KA Jayakarta Premium tujuan Surabaya Gubeng, KA Kamandaka tujuan Semarang Tawang, KA Kutojaya Utara tujuan Pasarsenen, KA Kamandaka tujuan Purwokerto, KA Sawunggalih tujuan Pasarsenen, dan KA Sawunggalih tujuan Kutoarjo.

Saat ini loket pembelian di Stasiun Prupuk sudah dilengkapi perangkat dan petugasnya, pemasangan cetak maupun akses boarding, kelengkapan penumpang, dan penambahan tenaga pengamanan. “Ini juga untuk memenuhi permintaan masyarakat Tegal dan sekitarnya,” ucapnya.

Tetapi karena baru saja beroperasi kembali, tiket secara online dari dan ke Stasiun Prupuk masih belum aktif. Oleh sebab itu, penumpang yang hendak memesan tiket menggunakan KAI Access atau channel eksternal dapat memasukkan Stasiun Bumiayu sebagai stasiun pemberangkatan atau kedatangan.