Tak Cuma Kereta Penumpang, Lokomotif Masinis Juga Bakal Dilengkapi AC

11 Lokomotif KA yang Didatangkan dari AS Dirakit di Balai Yasa Yogyakarta

PT Indonesia (KAI) tak cuma memanjakan para pengguna jasa moda dengan ruangan ber-AC. Operator perkeretaapian di Indonesia itu juga bakal menambah kenyamanan para pengemudi atau masinis dengan mengaplikasikan alat pendingin ruangan tersebut di .

Menurut Direktur PT KAI, , nantinya pemasangan AC pada gerbong lokomotif bakal dilakukan secara bertahap di Balai Yasa . Dengan adanya ruangan ber-AC ini, diharapkan para masinis akan lebih nyaman dan fokus dalam bertugas. “Lokomotif ini ‘kan yang menarik kereta. Kalau semua kereta ber-AC, masak lokomotifnya tidak,” ujar Edi.

“Tetapi, untuk saat ini masih uji coba dulu, apakah AC-nya bisa berfungsi atau tidak,” sambung Edi. “Nantinya, diharapkan semua lokomotif dilengkapi dengan pendingin ruangan ini.”

Untuk memuluskan rencana tersebut, selama sebulan ini Balai Yasa terus melakukan beragam tes dan uji coba pemasangan AC di kabin lokomotif. “Saya cukup puas dengan kinerja Balai Yasa. Tidak banyak ribut (ramai), tetapi jadi,” tambah Edi.

Selain lokomotif dengan fasilitas AC, PT KAI juga berencana meluncurkan jilid II pada bulan Desember mendatang. sendiri merupakan kereta yang diperuntukkan bagi kegiatan pengobatan dan kesehatan untuk masyarakat. “Baik lokomotif ber-AC maupun Rail Clinic ini, sama-sama buatan anak negeri di Bengkel Balai Yasa Yogyakarta,” cetus Edi.

“Dalam jangka cepat, paling tidak kami harus sudah memiliki empat Rail Clinic,” imbuh Edi. “Mudah-mudahan, Rail Clinic yang kedua bisa dirilis pada bulan Desember mendatang.”