Tampilan Baru KA Kamandaka Kini Lebih Bagus & Dilengkapi Gerbong Khusus Difabel

Kereta Api Kamandaka - semarang.bisnis.com

Purwokerto (KAI) Daop V Purwokerto memperkenalkan Kamandaka New Image yang melayani perjalanan Purwokerto-Semarang. Selain memakai baru, kereta berkapasitas 464 orang ini juga menyediakan untuk para berkebutuhan khusus (difabel).

Manajer Angkutan Penumpang Daop 5 Purwokerto, Kuscahyono menuturkan bahwa peluncuran KA Kamandaka New Image ini adalah bentuk apresiasi dan peningkatan untuk para setia kereta api.

“KA Kamandaka tampilan baru ini terdapat jumlah seat (tempat duduk) 80 penumpang di setiap gerbong. Artinya, total bisa memuat 464 penumpang sekali jalan,” ungkap Kuscahyono, Senin (27/2) lalu.

KA Kamandaka New Image ini telah berganti rangkaian mulai (23/3) lalu dan memakai rangkaian baru yang tampilannya lebih bagus. KA Kamandaka sendiri memakai model rangkaian seperti KA Krakatau dan Bogowonto. Padahal umumnya gerbong kelas pada KA lain memiliki kapasitas 106 kursi dan satu set tempat duduk hanya cukup untuk 2 orang penumpang.

Khusus pada gerbong penumpang difabel disediakan tempat untuk menaruh kursi roda. “Hanya ada satu kereta khusus dan kapasitas angkutnya hanya untuk 64 orang saja,” imbuh Kuscahyono. Di samping itu Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Ixfan Hendriwintoko menambahkan bahwa gerbong khusus difabel tersebut sengaja didesain dengan ukuran lorong dan pintu yang lebih luas supaya para penyandang disabilitas lebih nyaman.

“Terobosan yang dihadirkan PT KAI ini diharapkan mendapatkan respon yang baik dari masyarakat. Rangkaian kereta baru dengan gerbong difabel ini dapat meningkatkan kenyamanan penumpang yang akan bepergian ke Purwokerto, Tegal, dan Semarang,” ungkap Ixfan.

Meski diperuntukkan bagi penyandang cacat, gerbong itu juga tetap dapat digunakan oleh penumpang umum. Nantinya pihak KAI juga berencana untuk menambahkan menjadi 2 kereta difabel. “Sementara untuk tarif dan waktu keberangkatan pun masih menggunakan tarif dan yang sama,” tandasnya.