Tanpa Masinis, Kereta San Francisco Meluncur Sendiri

Api milik operator San Francisco Municipal Railway yang sangat ramai digunakan dinegaranya tiba-tiba meluncur sendiri tanpa meninggalkan . api ini meluncur cukup jauh sebelum akhirnya para penumpang yang ada didalam merasa ada yang aneh dengan dan menarik rem darurat.

Saat San Francisco ini berada di tengah terowongan para penumpang menyadari bahwa kereta yang dinaikinya tidak memiliki pengemudi alias masinis. Menyadari hal tersebut para penumpang bersama-sama menarik tuas rem darurat untuk mengaktifkannya.

John Haley, Salah seorang pejabat perkeretaapian San Francisco mengungkapkan bahwa tidak ada seorang penumpang atau warga yang terluka akibat insiden ini. Dia juga menambahkan bahwa para penumpang tidak berada dalam bahaya meskipun kereta ini meluncur sendiri tanpa dikendarai oleh sang masinis.

“Sistem kontrol otomatis jarak jauh kereta itu diaktifkan ketika pintu ditutup, yang memungkinkan kereta tiba dengan selamat di stasiun berikutnya,” katanya.

Didalam standar pengoperasian kereta api di San Francisco mewajibkan untuk setiap masinis memakai rem darurat saat meninggalkan kereta. Penyeledikian tentang insiden ini tengah dilakukan. Apakah kesalahan teknik atau kelalaian dari sang masinis.

Tentang Mirza Pratiwi 347 Articles
Kontributor berita, berasal dari Madiun: pusat pengembangan industri kereta api di Indonesia. Saat ini sedang menyelesaikan studi Teknologi Informasi di Universitas Negeri Malang. Penulis yakin bahwa masalah transportasi di Indonesia akan lebih baik jika difokuskan pada pembangunan sistem transportasi masal.