Target Operasi Agustus 2018, Harga Tiket LRT Jakarta Rp10.800?

Ilustrasi : LRT Jakarta - detik.com

Light Rail Transit () Jakarta saat ini tengah dikebut agar bisa digunakan untuk mendukung perhelatan Asian Games 2018 pada bulan Agustus nanti. Jika sudah beroperasi, Jakarta ini diusulkan sebesar Rp10.800 per seat, yang akan beroperasi sepanjang 5,8 km dari Kelapa Gading menuju Velodrome di Rawamangun, Jakarta Timur.

“Mengenai harga, memang belum ada kepastian. Namun, memang telah ada usulan dari DTKJ (Dewan Kota Jakarta) bahwa harga sebesar Rp10.800,” kata Direktur Utama PT Jakarta Propertindo, Satya Heragandhi, dilansir Detik. “Harga segitu tidak mahal jika melihat beberapa faktor yang akan didapatkan nantinya, mulai kenyamanan, layanan, serta kemudahan. Apalagi, jalur LRT ini dekat dengan busway.”

Satya menjelaskan bahwa harga tiket LRT ini sudah melalui perhitungan berdasarkan rata-rata ongkos transportasi lainnya, seperti taksi dan umum. Selain itu, menurut survei yang dilakukan perusahaan pada sebagian warga, mengatakan bahwa harga tersebut sudah cukup, karena jika terlalu murah, nantinya akan sangat ramai dan menjadi tidak nyaman.

Hingga awal Juli 2018 ini, proses pengejaan LRT Jakarta diklaim sudah 77 persen selesai. Proses pengerjaan sendiri dikebut siang dan malam untuk mencapai 85 persen hingga bulan Agustus mendatang. “Bahkan, delapan gerbong sudah siap dan nanti akan ditambah delapan gerbong lagi,” sambung Satya.

“Poin kritis menuju pengoperasian kereta LRT adalah menunggu tahap . Jika sudah disertifikasi, maka proyek ini sudah bisa dioperasikan,” tambah Satya. “Apabila nanti sudah disertifikasi kira-kira tanggal 30 Juli, maka (LRT ini) sudah bisa kami resmikan.”

Menurut Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, warga ibukota diperkirakan sudah bisa menikmati layanan LRT pada bulan Agustus mendatang. Dasar perkiraan Sandi adalah proyek pembangunan LRT tahap pertama Kelapa Gading-Rawamangun sudah rampung dan saat ini sudah masuk tahap uji coba. LRT saat ini juga sedang dalam tahap sertifikasi di Kementerian Perhubungan RI.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*