Tarif KA Ranggajati Rute Jember-Surabaya Naik Rp 35 Ribu

Tarif KA Ranggajati Rute Jember-Surabaya Naik Rp 35 Ribu

Jember (KAI) menaikkan kereta api (KA) Ranggajati untuk Jember-. Kenaikan tarif berlaku pada kelas eksekutif dan sebesar Rp 35 ribu khusus pada pembelian tiket langsung alias go show. KA Ranggajati kelas eksekutif yang sebelumnya hanya Rp 65 ribu kini naik jadi Rp 100 ribu, sedangkan kelas yang sebelumnya Rp 45 ribu naik jadi Rp 80 ribu.

“Perubahan tarif tiket langsung KA Ranggajati mulai diberlakukan 1 September 2017 dan sudah disosialisasikan kepada pengguna jasa kereta api,” ungkap Luqman Arif, Manajer Humas Daop 9 di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu (2/9), seperti dilansir Republika.

Lebih lanjut Luqman mengungkapkan bahwa harga tiket lama untuk kelas eksekutif dan bisnis sudah berlaku dari 1 tahun lalu sejak diluncurkannya KA Ranggajati pada bulan November 2016. Lantaran telah hampir berusia 1 tahun, maka pihak KAI merasa perlu diadakannya penyesuaian tarif tiket untuk KA Ranggajati.

“Tiket ‘go show’ KA Ranggajati perlu penyesuaian dengan kondisi harga saat ini, sehingga PT KAI menetapkan kebijakan untuk perubahan tarif khusus dengan relasi Jember-Surabaya saja,” jelas Luqman.

Pemesanan atau pembelian tiket tarif khusus KA Ranggajati relasi Jember-Cirebon sendiri dapat dilakukan 3 jam sebelum keberangkatan kereta api dan hanya dilayani di loket stasiun dan hanya berlaku untuk relasi Jember-Surabaya saja. “Rangkaian KA Ranggajati terdiri dari empat kereta kelas eksekutif, empat kereta kelas bisnis, satu kereta makan dan satu kereta pembangkit dengan kapasitas 456 tempat duduk,” ucapnya.

KA Ranggajati dijadwalkan berangkat dari Stasiun Jember pada pukul 05.00 WIB dan tiba di Stasiun Cirebon jam 19.52 WIB. Lama waktu perjalanan yang dibutuhkan sekitar 14 jam 52 menit. “Dalam perjalanannya, KA Ranggajati berhenti di Stasiun Tanggul, Klakah, Probolinggo, Pasuruan, Probolinggo, Sidoarjo, Surabaya Gubeng, Jombang, Kertosono, Madiun, Balapan, Yogyakarta, Kutoarjo, , dan terakhir Stasiun Cirebon,” beber Luqman.

Sementara itu harga tiket KA Ranggajati untuk kelas eksekutif dengan relasi terjauh mencapai Rp 240 ribu – Rp 650 ribu, sedangkan kelas bisnis dikenai tarif berkisar antara Rp 180 ribu hingga Rp 400 ribu.