Tarif Rp5 Ribu, LRT Jakarta Beroperasi Komersial 1 Desember 2019

Transportasi Light Rail Transit (LRT) Jakarta - www.inews.id
Transportasi Light Rail Transit (LRT) Jakarta - www.inews.id

JAKARTA – Setelah digratiskan selama kurang lebih satu tahun, light rail transit (LRT) Jakarta menurut rencana akan resmi beroperasi secara komersial pada tanggal 1 Desember 2019. Jika masyarakat akan menumpang angkutan ini, akan dikenakan flat sebesar Rp5.000 sekali jalan, dengan operasional 05.30 WIB hingga 23.00 WIB.

“Perizinan sudah lengkap. Kemarin kami sudah mendapat restu bahwa per 1 Desember 2019 kami akan beroperasi secara komersial,” ujar Direktur Utama LRT Jakarta, Wijanarko, dilansir Detik Finance. “Dengan beroperasi secara komersial, tarif menggunakan LRT Jakarta dipatok sebesar Rp5.000 untuk satu kali . Tarif tersebut berlaku sama untuk jarak jauh maupun dekat.”

Pembayarannya bisa dilakukan dengan menggunakan kartu Single Journey Trip (SJT) yang bisa didapatkan di loket pembelian maupun melalui ticket vending machine. Selain itu, juga bisa menggunakan kartu uang elektronik (KUE) seperti, e-money (Bank Mandiri), Flazz (Bank BCA), Tap-Cash (Bank BNI), Brizzi (Bank BRI), Jakcard (Bank DKI), dan Jak Lingko (Bank DKI/BNI).

“LRT Jakarta akan beroperasi secara komersial dengan melayani Pegangsaan Dua sampai Velodrome yang terdiri dari enam ,” sambung WIjanarko. “Mudah-mudahan ini bisa menjadikan kenyamanan kepada masyarakat dan kami juga sudah lengkapi dengan parkir sepeda di stasiun kami. Ini juga menunjang untuk kemudahan-kemudahan pengguna LRT Jakarta.”

LRT Jakarta juga akan diintegrasikan dengan transportasi lain seperti TransJakarta untuk memudahkan mobilitas masyarakat. Dengan beroperasinya LRT Jakarta fase pertama secara komersial, fase kedua pun siap dikebut. LRT fase kedua sendiri akan dimulai awal tahun depan dan ditargetkan akan selesai tahun 2022 mendatang.

“Setelah ini, akan dilanjutkan untuk pembangunan LRT Jakarta fase kedua. Insya Allah akan kami mulai di awal tahun depan,” papar Direktur Proyek LRT Jakarta, Iwan Takwin. “Pembangunan fase kedua ini memiliki 2 tahapan. Tahap IIA akan menghubungkan Stasiun LRT Kelapa Gading dengan Jakarta International Stadium (JIS), sedangkan tahap IIB akan menghubungkan Stasiun Velodrome dengan Manggarai.”

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*