September 2019, KAI Berikan Tarif Reduksi untuk TNI/Polri, LVRI, dan Wartawan

Suprapto, Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya - primaradio.co.id
Suprapto, Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya - primaradio.co.id

JAKARTA – () memberikan kemudahan bagi para dari kalangan TNI, Polri, wartawan, serta lansia saat menggunakan sebagai transportasi. Perusahaan menerapkan reduksi atau potongan harga bagi para tersebut dengan besaran mulai 20 persen hingga 50 persen.

“Kebijakan penerapan tarif reduksi tersebut berlaku mulai 1 September 2019. Pemberian tarif tersebut pun perlu diawali dengan registrasi lebih dulu mulai 1 Agustus 2019,” jelas Manajer Humas PT KAI DAOP 8 , Suprapto. “Registrasi bisa dilakukan di customer service stasiun atau loket stasiun yang melayani KA jarak jauh jika  di stasiun itu belum ada CS.”

Suprapto menambahkan, registrasi itu cukup dilakukan sekali saja sampai berakhirnya masa reduksi penumpang yang bersangkutan. Jika masa reduksi sudah habis, dan menginginkan hak reduksi kembali, maka wajib dilakukan registrasi ulang. Registrasi juga dapat diwakilkan dengan syarat tambahan, yaitu membawa pas foto terbaru penumpang yang akan didaftarkan, dan registrasi dilakukan paling lambat 3 jam sebelum keberangkatan KA.

Menurut akun Twitter resmi PT KAI, penumpang dengan tarif reduksi wajib menunjukkan bukti identitas asli yang masih berlaku sesuai kategori reduksi yang diterimanya pada saat boarding dan pemeriksaan di atas kereta api. Pada kereta api yang sama, satu penumpang hanya berhak atas satu dengan tarif reduksi.

Untuk penumpang lansia dengan usia minimal 60 tahun, akan mendapatkan reduksi 20 persen setiap hari di semua kelas kereta api, sedangkan LVRI harus mendaftarkan kartu anggotanya dan akan mendapatkan reduksi semua kelas setiap hari dengan besaran 30 persen untuk Jumat hingga Senin serta 50 persen pada hari Selasa hingga Kamis.

Selanjutnya, anggota TNI/siswa pendidikan TNI maupun Polri mendapat reduksi setiap hari dengan besaran 25 persen untuk kelas eksekutif, dan 50 persen untuk kelas bisnis dan . Terakhir, bagi wartawan, perlu mendaftarkan surat tugas peliputan dan akan mendapatkan reduksi setiap hari dengan besaran 20 persen untuk kelas bisnis dan .