Tata Cara dan Aturan Gunakan THB KRL

JAKARTA – Sejak Kamis (22/8/2013) kemarin, mulai memberlakukan harian berjaminan () untuk menggantikan kartu single trip yang sering hilang dan menyebabkan kerugian.

Terkait penggantian ini, PT KJC juga telah melakukan sosialisasi melalui sosial media twitter. Dalam akun twitter milik PT KCJ, pada hari Selasa (20/8/2013) lalu tertulis “#RekanCommuters Mulai Kamis, tanggal 22 Agustus 2013 akan diberlakukan #TiketHarianBerjaminan”.

Penggantian kartu single trip dengan THB merupakan antisipasi hilangnya kartu. Berbeda dengan single trip yang sederhana, terdapat beberapa aturan dalam menggunakan THB , yakni:

1. Di keberangkatan : Lakukan tapping THB di gate in, tunggu lampu hijau menyala lalu dorong gate untuk masuk peron.

2. Di Stasiun Kedatangan : Lakukan tapping THB di gate out, tunggu lampu hijau menyala lalu dorong gate untuk keluar dari peron.

3. Pastikan tata cara penggunaan THB KRL dilakukan dengan benar untuk menghindari penalti/ suplisi.

PT KCJ menetapkan, akan dikenai penalti Rp 5 ribu jika melakukan perjalanan yang melebihi tarif awal yang dibayarkan. Selain itu, suplisi Rp 50 ribu akan dikenakan pda yang tidak memiliki tiket yang sah atau menggunakan tiket kadaluarsa.

Selain aturan tersebut, KCJ juga menetapkan tata cara pemakaian THB KRL. Tata cara pemakaian, diantaranya adalah jika penumpang telah melakukan tapping di gate in, namun tidak melakukan tapping di gate out, maka kartu akan hangus dan tidak dapat dipakai kembali, serta penumpang tidak bisa mengambil kembali uang jaminan yang telah dibayarkan.

Hal yang sama juga berlaku jika kartu THB KRL yang dibawa penumpang rusak yang mengakibatkan kartu tidak berfungsi atau tidak terbaca di sistem e-ticketing.

Uang jaminan yang telah dibayarkan penumpang, akan dikembalikan jika penumpang batal melakukan perjalanan dan belum melakukan tapping pada gate in, begitu juga jika penumpang tidak jadai melakukan perjalanan namun terlanjur melakukan gate in.

Sedangkan untuk penumpang yang telah melakukan perjalanan dan ingin mengambil uang jaminan, dapat mengurusnya di loket stasiun tujuan dengan mengembalikan kartu THB KRL.

Tentang Dinar Firda Rosa 263 Articles
Peminat studi Teknik Informatika, saat ini bermukim di Malang - Jawa Timur