Tata Cara Pemesanan Tiket Kereta Api Online

Situs http://kereta-api.info/ kini telah menyediakan fitur booking yang dapat Anda gunakan untuk memesan tiket perjalanan kereta api. Selain kereta api, situs ini juga menyediakan untuk booking tiket pesawat, ataupun hotel di seluruh kawasan nusantara. Di halaman utama, Anda akan melihat tampilan slide show berisi kabar – kabar terbaru di dunia perkereta-apian Indonesia. Untuk bisa mengakses layanan pemesanan tiket kereta, Anda harus menekan kolom bertuliskan ‘PEMESANAN TIKET ONLINE’ tepat di bagian atas slideshow.

Masuk ke halaman pemesanan, Pastikan bahwa kolom yang ditampilkan adalah kolom pemesanan tiket kereta api. Lalu pilih bundaran di pilihan ‘Sekali ’ jika Anda ingin mencari tiket sekali berangkat, atau ‘Pulang Pergi’ untuk tiket bolak-balik dalam 1 kali reservasi. Isikan lokasi Anda di kolom ‘Dari’ dan tujuan di kolom ‘Ke’. Kalaupun Anda terbalik memasukkan posisinya, maka tak perlu menghapus dan menuliskan kembali. Anda hanya tinggal klik tombol switch berupa tanda panah naik-turun berwarna biru untuk menukar posisi stasiun.

Di kolom ‘Pergi’, isikan tanggal keberangkatan Anda dengan format yyyy-mm-dd , atau jika ingin lebih mudah tinggal klik saja dan kalender akan muncul dengan otomatis. Jadi, Anda hanya tinggal memilih di tanggal dan bulan mana sesuai yang Anda butuhkan.

Kolom terakhir adalah dua kolom paling bawah bertuliskan ‘Dewasa’ dan ‘Bayi’. Di kedua kolom ini harus Anda isikan jumlah yang akan ikut pergi, misal ketika Anda melakukan pemesanan tiket kereta api untuk sekeluarga. Isikan jumlah dewasa dan anak di atas usia 3 tahun di kolom ‘Dewasa’, sedangkan untuk anak di bawah umur 3 tahun isikan pada kolom ‘Bayi’. Hal ini sangat penting untuk diisi dengan cermat, karena tidak akan menyediakan kursi untuk tiket bayi.

Langkah terakhir adalah tekan tombol ‘Cari Kereta Api >>’ dan dengan segera Anda akan dibawa pada halaman berisikan keberangkatan beserta dari beberapa kereta api yang berangkat di tanggal sesuai pilihan Anda. Kursi yang tersedia ditandai dengan warna oranye di kolom harga, sedangkan kereta yang sudah penuh akan ditandai dengan warna kelabu. Silakan pilih jenis kereta yang Anda kehendaki dengan menekan tombol  ‘Pesan Sekarang >>’ di sisi paling kanan.

Itu tadi adalah langkah-langkah melakukan pemesanan tiket kereta api secara online melalui situs http://kereta-api.info/. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pemesanan via aplikasi KAI Acces yang tersedia di playstore, Melalui agen offline, di Indomaret atau Alfamart, dan dengan secara langsung mendatangi loket penjualan di Stasiun terdekat.