Ternyata Kereta Api Thomas Bermula dari Mainan Kayu

Para pecinta mestinya mengetahui tentang karakter Thomas The Train yang ada pada serial kartun dari Thomas The Tank Engine yang berasal dari US ini. Karakter fiksi Thomas si ini begitu melekat di benak hingga orang Dewasa.

Tahukah anda bahwa sebenarnya Thomas adalah nama Kereta Api yang ada secara nyata dan sesungguhnya?

Kereta Api Thomas dibuat oleh seorang Ilmuwan bernama Reverend Willbert Awdry. Kereta Api Thomas memang bukan sebuah kuda besi dalam arti yang sesungguhnya, melainkan sebuah mainan kereta api kayu yang dibuat oleh Reverend Willbert Awdry untuk anak laki-laki tercintanya, Christoper.

Awdry adalah seorang Ilmuwan yang juga kerap merancang dan membuat kereta api uap. Salah satu kereta uap yang dibuat oleh Awdry adalah kereta uap LB & SCR E2 Class. Rupanya, kegemaran Awdry terhadap kereta menurun kepada anak laki-lakinya, Christoper.

Christoper senang mengikuti Ayahnya saat melakukan tugas-tugas seperti pengecekan mesin, atau merakit bagian-bagian kereta api lainnya. Melihat hal ini, Awdry kemudian membuatkan anak laki-lakinya sebuah mainan kereta api dari kayu yang diberi nama Thomas. Prototype dari mainan kereta api kayu Thomas adalah kereta uap E2 Class yang telah dibuat oleh Awdry sebelumnya.

Christoper sangat menyukai Thomas dan sering bermain dengan Thomas bersama imajinasi kanak-kanaknya. Melihat hal ini istri Awdry, Ibu Christoper, memiliki ide untuk menulis tentang Kereta Api Thomas bersama suami dan anaknya.

Keluarga Reverend Awdry kemudian menuliskan cerita tentang kereta api Thomas dalam bentuk cerita anak-anak. Dalam cerita asli yang dituliskan oleh Keluarga Awdry, Thomas juga menjadi tokoh yang hidup seperti pada serial kartun yang kita tonton sekarang.

Diceritakan, bahwa Kereta Api Thomas adalah sebuah kereta yang baik hati dan suka menolong.

Thomas adalah sebuah lokomotif yang memiliki teman-teman kereta api lainnya yang bernama Edward, Henry, Gordon, James, Percy, Toby, Duck, Donald, Douglas, dan Oliver, dan teman-teman lainnya yang masih banyak lagi. Masing-masing kawan-kawan Thomas ini diceritakan adalah -gerbong kereta yang memiliki nomor 2 hingga 11. Nomor 1 adalah Thomas yang menjadi lokomotifnya.

Reverend Wilbert Awdry mengamati proses pembuatan serial TV Thomas pada thaun 1981. Di sebelah kanannya adalah Britt Allcroft yang membuat tayangan.
Reverend Wilbert Awdry mengamati proses pembuatan serial TV Thomas pada tahun 1981. Di sebelah kanannya adalah Britt Allcroft yang membuat tayangan.

Kisah Thomas dan teman-temannya dituliskan oleh keluarga Awdry sebagai suatu kisah inspiratif tentang rasa saling peduli terhadap teman-teman dan lingkungan, serta sikap yang gemar menolong terhadap sesamanya.

Kisah Kereta Api Thomas yang dituliskan oleh keluarga Reverend Awdry ke dalam buku cerita anak-anak ini kemudian dilirik oleh seorang produser televisi Britt Alcrofft.

Seri pertama dari 26 seri Thomas The Tank Engine dirilis pertama kali oleh televisi pada tahun 1984 di di ITV . Artis-artis kenamaan terlibat dalam proses pembuatan seri Thomas The Tank Engine sebagai pengisi suara.

Selepas rilis perdananya di tahun 1984 di televisi Inggris, serial Thomas Si Kereta Api beberapa kali diproduksi ulang hingga tahun 2012 oleh produser-produser film di UK dan Amerika.

Bertahun-tahun sesudahnya hingga hari ini, karakter Thomas Si Kereta Api masih melekat di benak penikmat film dan penyuka Kereta Api mulai dari anak-anak hingga usia dewasa. Karakter Thomas and friends juga mewarnai berbagai pernak-pernik serta merchandise anak-anak seperti tas sekolah, kotak pensil, selimut, sampul buku tulis, dan lain sebagainya.

Lokomotif uap LB&SCR E2 class yang menjadi inspirasi karakter Thomas
LB&SCR E2 class yang menjadi inspirasi karakter Thomas
Tentang Masinis 182 Articles
Memulai karir menulis sejak duduk di bangku SMP sebagai layouter dan redaktur, dan membawa proses kepenulisannya hingga di bangku kuliah. 10 tahun terakhir aktif sebagai tenaga desainer di sebuah perusahaan yang berpusat di Malang. Beberapa tahun terakhir menjadi penumpang setia kereta api pagi rute Malang-Surabaya yang berangkat dari Stasiun Kotabaru jam 04.20 setiap hari. Sejak itu, penulis tertarik dengan segala hal tentang kereta api dan sistem transportasi publik.