Tibet – China, Jalur Kereta Api Tertinggi Di Dunia

jalur kereta api tertinggi di dunia Tibet diatas danau
Tibet
sumber : Railway – Technology

selalu memiliki ambisi besar dalam hal pembangunan serta teknologi. Salah satunya adalah dapat membangun jalur lintasan tertinggi di dataran tinggi dunia Tibet.

Jalur kereta api ini berada di ketinggian di atas 4500 meter di atas permukaan laut serta membentang sepanjang 1956 kilometer.

Jalur kereta api ini menghubungkan antara wilayah Xining, ibukota Provinsi Qinghai, China ke Lhasa, Tibet.

Seperti dilansir dari Railway – Technology jalur kereta api ini merupakan mimpi lama dari China. Mimpi ini menghubungkan pusat China ke Tibet. Tibet sendiri adalah wilayah otonom China yang merupakan bagian dari Republik China.

Jalur kereta api ini memberikan rekor yang mengesakan. Hal ini karena tidak mudah untuk membuat jalur kereta api dengan kondisi alam yang keras.

Jalur ini melewati wilayah beku sejauh 550 meter serta melewati terowongan. Terowongan tersebut merupakan terowongan yang beraa di wilayah tertinggi di dunia yaitu Fenghuoshan. Terowongan ini berada di ketinggian 4905 meter.

Selain Fenghuoshan, jalur tersebut juga melewati terowongan dataran tinggi terpanjanf, Kunlun Mountain. Kunlun Lountan berada di ketinggian 1686 meter. Dan kedua terowongan ini dibangun diatas wilayah beku.

jalur kereta api tertinggi di Tibet
jalur kereta api tertinggi Tibet

Pembangunan jalur kereta api ini sudah dimulai sejak tahun 1950-an, tetapi saat itu insinyur angkat tangan untuk menangani proyek ini.

Lalu akhirnya proyek ini mulai dikerjakan pada tahun 1980-an. Pada tahun ini sepanjang 815 km jalur dibuat dan selesai pada tahun 1984. 815 km tersebut merupakan jalur dari Xining ke Golmud.

Lalu setelah itu dilakukan pembangunan lagi dari Golmud ke Lhasa sepanjang 1142 km. Dan jalur ini resmi difungsikan pada 1 Juli 2006.

Pembangunan jalur kereta api tertinggi ini menelan biaya hingga US$3,5 milliar atau setara engan Rp 35,35 triliun.

Untuk menaiki kereta api harus benar – benar dalam keadaan sehat. Sebelum menaiki kereta ini mengsisi kartu registrasi kesehatan dan menandatangani  ketentuan perjalan pada ketinggian.

Didalam kereta juga disediakan oksigen tambahan bagi para penumpang. Jendela kereta dilengkapi dengan penyaring sinar ultraviolet.

Kereta api yang digunakan untuk jalur kereta api tertinggi ini adalah seri GE Transportasion NJ2 dengan lokomotif Qishuyang DF8CJ 9000. Kereta ini menampung 361 gerbong. 308 gerbong standar dan 53 gerbong untuk turis.

Hingga saat ini hanya 2 penumpang yang meninggal saat dengan jalur ini. Satu pria manula dan seorang wanita melahirkan di WC. Selain itu 40 pekerja meninggal.

 

Tentang Mirza Pratiwi 347 Articles
Kontributor berita, berasal dari Madiun: pusat pengembangan industri kereta api di Indonesia. Saat ini sedang menyelesaikan studi Teknologi Informasi di Universitas Negeri Malang. Penulis yakin bahwa masalah transportasi di Indonesia akan lebih baik jika difokuskan pada pembangunan sistem transportasi masal.